Breaking News:

Sekolah Tatap Muka

Perbup Belajar Tatap Muka Disahkan, Disdik Maluku Tengah Awali dengan Simulasi

Menindaklanjuti hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah, Askam Tuasikal menggelar simulasi belajar tatap muka

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Simulsi belajar tatap muka sekolah, Kota Masohi 

Laporan KontributorTribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM - Pelaksanaan sekolah tatap muka sebentar lagi akan diterapkan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Hal itu ditandai dengan pengesahan Peraturan Bupati (Perbup) Maluku Tengah tentang pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah di masa pandemi covid-19.

Menindaklanjuti hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah, Askam Tuasikal menggelar simulasi belajar tatap muka di Kota Masohi.

Simulasi di lakukan di tiga  sekolah yakni SMP Negeri 1 dan SD Negeri 5 dan SDN 4 Masohi.

Didampingi Kepala seksi kesiswaan dan PTK, Askam meninjau langsung pelaksanaan pembukaan sekolah tatap muka, Senin (29/3/2021) pukul 07:00 WIT di SMP dan saiangnya pukul 11:00 dialnjutkan di SD Negeri  4 dan SDN 5.

Kepada wartawan Askam menyatakan, kunjungan itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan uji coba pengaktifan sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu juga untuk memastikan apa dan bagaimana cara sekolah melakukan interaksi baik antar siswa maupun dengan guru.

“Dan hari ini adalah awal kita melakukan simulasi di tiga sekolah yaitu dua SD dan satu SMP, dari pemantauan saya yang berlangsung tadi pagi di SMP 1 itu, ada rasa kegembiraan dari siswa dan sekolah yang merek memandang bahwa selama ini mereka tidak berjumpa dengan teman-temannya, gurunya, itu rasa kangen itu seakan-akan menjadi suatu momen tersendiri yang tidak bisa dinilai oleh kita,” kata Askam di Halaman SD N 5 Masohi, Senin siang.

Baca juga: Sempat Adu Mulut, Warga Ongkoliong Diusir Saat Demo di Balai Kota

Baca juga: Siap-siap Tenaga Guru di Masohi Segera Divaksin

Usai meninjau pelaksanaan sekolah tatap muka, Askam menyebutkan pelaksaan uji coba pengaktifkan sekolah tatap muka di Malteng, adalah langkah evaluasi pemkab melalui Dikbud terhadap sistem sekolah daring yang selama ini berjalan.

Pengaktifan kembali sekolah sebagai tempat belajar mengajar, harus dilakukan guna mengefektifkan aktivitas belajar dan mengajar, yang selama ini terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 yang telah beri dampak terhadap berbagai sektor kehidupan termasuk pendidikan, telah mengakibatkan banyak kemunduran. Akibatnya generasi muda, terutama pada usia sekolah, tidak dapat mengecap pendidikan dengan baik,” ujarnya.

Oleh karena itu kata Askam, hari ini pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka dilakukan. Hal ini, sebagai upaya dari pemerintah untuk melawan situasi pandemi Covid-19. Ini juga dilakukan dengan tetap menaati prokes dengan ketat.

Ia berharap, pelaksanaan sekolah tatap muka yang sedang diuji coba saat ini dapat berhasil, sehingga kelangsungan proses belajar secara tatap muka di sekolah dapat diterapkan dengan lancar dan aman.

“Tentu kita berharap proses ini berjalan baik. Sehingga proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan, meski dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. Prinsipnya tiap minggu, akan kita evaluasi,” tandasnya.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved