Breaking News:

Pasir Emas Pulau Seram

Heboh Emas di Pesisir Pantai Tamilouw, Dosen Unpatti : Tidak Ada Emas di Laut

Seorang peneliti pertambangan Universitas Pattimura (Unpatti), Yusthinus Male mengklaim sendimen laut tidak memiliki kandungan emas sama sekali.

TribunAmbon.com/Dedy
MALUKU: Seorang peneliti pertambangan Universitas Pattimura (Unpatti), Yusthinus Male mengklaim sendimen laut tidak memiliki kandungan emas sama sekali, Rabu (24/3/2021) siang. 

Laporan Wartawan, TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Seorang peneliti pertambangan Universitas Pattimura (Unpatti), Yusthinus Male mengklaim sendimen laut tidak memiliki kandungan emas sama sekali.

“Kalaupun ada, itu berasal dari longsoran tebing dan kedalaman emasnya paling cuma 1 meter saja,” ungkap dia kepada TribunAmbon.com saat ditemui di Jalan Pattimura, Sirimau, Kota Ambon, Rabu (24/3/2021) siang.

Dia menyebutkan, besar kemungkinan temuan emas yang berada di pesisir pantai di Desa Tamilouw, Maluku Tengah itu disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, disebabkan oleh longsoran tebing.

Hal ini merujuk pada penelitian yang dilakukannya di Pulau Buru, Provinsi Maluku, tepatnya di kawasan gunung botak selama lebih dari sepuluh tahun.

“Di hulu sungai ada longsoran tebing sehingga emasnya tercuci sampai ke laut dan terbawa sampai ke pantai,” sebutnya.

Kedua, faktor singkapan tanah yang berasal dari aktivitas vulkanik maupun tekanan dari hidrotermal bumi.

Kata dia, aktivitas vulkanik membawa magma yang mengandung emas hingga ke sela-sela batuan. Kemudian dibantu dengan curah hujan tinggi yang menyebabkan singkapan tanah bersama kandungan emas yang terbawa tadi.

“Yang terjadi di tamilaouw itu bisa juga karena aktivitas vulkanik dan hidrotermal bumi,” ujar Ketua Jurusan Kimia Unpatti itu.

Tentunya proses tersebut, lanjut dia, membutuhkan waktu yang cukup lama hingga terjadi seperti sekarang.

“Bisa jadi karena aktivitas vulkanik yang terjadi bermiliar-miliar tahun lalu sampai terjadi seperti sekarang,” tandasnya. (*)

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved