Breaking News:

Nasional

Satgas: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Turun 5 Minggu Berturut-turut

Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh mengalami penurunan selama pekan kedua bulan Maret 2021.

Editor: Adjeng Hatalea
Tribunnews/Ananda Bayu
Update perkembangan penanganan kasus Cvid-19 di Indonesia 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh mengalami penurunan selama pekan kedua bulan Maret 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, data ini menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan angka kesembuhan pasien virus corona selama 5 minggu terakhir.

"Penambahan kesembuhan di minggu ini sayangnya mengalami penurunan kembali, yang berarti kesembuhan telah menurun selama lima minggu berturut-turut," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/3/2021).

Wiku mengatakan, berdasar data 14 Maret 2021 jumlah pasien Covid-19 yang sembuh menurun sebesar 1,8 persen. Meski begitu, ia mengklaim bahwa penurunan ini terjadi karena melandainya penambahan pasien positif virus corona.

"Hal ini dapat terjadi karena pada kasus positif baru juga mengalami penurunan selama 7 minggu berturut-turut, sehingga mempengaruhi kasus sembuh baru juga," ujarnya.

Meski begitu, terdapat 5 provinsi yang mencatatkan angka kesembuhan tertinggi yakni Banten dengan 1.183 kasus, Papua naik 395 kasus, Bangka Belitung naik 96 kasus, Kalimantan Barat naik 73 kasus, dan Riau naik 43 kasus.

Dalam periode yang sama, Wiku mengungkap, terjadi kenaikan angka kematian pasien Covid-19.

Data pemerintah per 14 Maret 2021 menunjukkan bahwa angka kematian mingguan pasien virus corona naik hingga 5,45 persen. Menurut Wiku, Jawa Tengah menjadi provinsi yang mencatatkan penambahan angka kematian pasien Covid-19 tertinggi yakni 124 kasus.

Kemudian Jawa Barat naik 46 kasus, Papua naik 10 kasus, Sumatera Selatan naik 6 kasus, dan Sumatera Barat naik 4 kasus.

"Setelah sempat mengalami peningkatan yang cukup tinggi pada dua minggu lalu, angka kematian baru menurun pada minggu lalu, dan kembali meningkat di minggu ini," kata Wiku.

Dengan adanya catatan ini, Wiku meminta para kepala daerah untuk secara ketat melakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Ia berharap, pelaksanaan kebijakan ini mampu menekan penularan virus corona sehingga menurunkan angka pasien positif Covid-19 dan kematian, serta meningkatkan jumlah kesembuhan.

"Saya minta kepada kepala daerah untuk melaksanakan PPKM mikro namun masih berada di 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus positif dan kasus meninggal baru pada minggu ini untuk terus memperbaiki upaya penanganannya dengan memaksimalkan peran posko dan satgas daerahnya," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Turun 5 Minggu Berturut-turut”.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved