Breaking News:

Maluku Terkini

Kukuhkan 137 Satops Patnal, Kemenkumham Maluku Optimis Peningkatan Pelayanan

Ia menerangkan, dengan dikukuhkannya anggota Satops Patnal ini, percepatan sistem dan efektifitas kerja harus ditingkatkan.

Sumber : Kemenkumham Maluku
Pengukuhan 137 anggota Satops Patnal Pemasyarakatan Maluku di Lapas Kelas IIA Ambon, Jumat (12/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku mengukuhkan 137 anggota Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) pemasyarakatan Maluku.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka saat mengukuhkan 137 Satops Patnal di Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Jumat (12/3/2021).

“Kita telah mengukuhkan 137 anggota Satops Patnal dari 18 Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan yang ada di Maluku,” kata Andi Nurka melalui rilis pers yang diterima TribunAmbon.com, Jumat (12/3/2021).

Ia menerangkan, dengan dikukuhkannya anggota Satops Patnal ini, percepatan sistem dan efektifitas kerja harus ditingkatkan. Termasuk oprimalisasi layanan terhadap masyarakat.

“Pemasyarakatan memiliki sumber daya yang sangat besar, Namun pada kenyataannya masih banyak permasalahan yang terjadi dalam menjalankan fungsi Pemasyarakatan,” tuturnya.

Lanjutnya, pengukuhan Satops Patnal juga untuk mewujudkan ketertiban, keselamatan dan keamanan di seluruh UPT Pemasyarakatan Maluku sebagaiamana tata nilai Satops Patnal itu sendiri.

Baca juga: BNNP Maluku Dapat Ide Kreatif dari Anak Muda Kota Ambon

“Keseriusan Bapak Ibu untuk kerja keras, kerja cepat dan kerja lebih cepat lagi akan menentukan kesuksesan pemasyarakatan yang kita banggakan ini,” harap Kakanwil.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (kadivpas) Maluku, Yulius Sahruzah mengatakan terbentuknya Satops Patnal Maluku merupakan upaya masif yang dilakukan jajaran Pemasyarakatan secara nasional sebagai respon atas berbagai permasalahan yang terjadi belakangan ini. 

“Satops Patnal merupakan langkah strategis Jajaran Pemasyarakatan agar dapat mendukung penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemasyarakatan ke depan menjadi lebih pasti,” ujar Yulius. 

Ia berharap dengan optimalisasi fungsi Satops Patnal maka akan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat sehingga dapat menurunkan stigma negatif yang berkembang di luar sana.

Untuk diketahui, upacara pengukuhan Satops Patnal Maluku ini dilakukan secara serentak di seluruh UPT Pemasyarakatan Maluku, sementara untuk pulau Ambon, pelaksanaan upacara dipusatkan di Lapas Kelas IIA Ambon. 

Turut hadir dalam upacara tersebut Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Maluku, Jajaran Divisi Pemasyarakatan Maluku, Kepala UPT Pemasyarakatan serta Anggota Satops Patnal se-Kota Ambon. (*)

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved