Breaking News:

Dana Desa

5 Desa di Kota Ambon Tercepat Terima DD Tahap 1: Kota Ambon Terima Penghargaan

Sebanyak lima desa di Kota Ambon telah menerima Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun Anggaran  2021 di bulan Februari ini.

TribunAmbon.com/Tanita
AMBON: Kepala Kanwil (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku (DPPM), Noor Faisal Achmad (kanan) memberikan penghargaan atas penyaluran dana desa tercepat Tahun Anggaran (TA) 2021 se-Provinsi Maluku kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Senin (22/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM –  Sebanyak lima desa di Kota Ambon telah menerima Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun Anggaran  2021 di bulan Februari ini.

Kelima desa tersebut, yakni, Desa Ema, Galala, Hative Kecil, Hunuth dan Desa Poka.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, kelima desa di Ambon itu tercatat sebagai desa tercepat yang menerima DD di Provinsi Maluku dalam beberapa tahun belakangan.

 “Empat tahun lalu sebelum saya menjabat, saya dibilang bahwa kota Ambon pernah menjadi salah satu kota yang dinilai tidak mampu menyerap dana desa secara nasional,” kata Louhenapessy dalam sambutannya di Apel Pagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, seluruh aparatur telah menunjukan kinerja luar biasa dan menjadi contoh bagi seluruh kota dan kabupaten di Maluku bahkan ditingkat Nasional.

“Oleh sebab itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para Kades, Lurah, dan Raja, yang telah bekerja keras,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku (DPPM), Noor Faisal Achmad menyebutkan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon telah menyalurkan DD tahap I Tahun Anggaran (TA) sebesar Rp 1,27 Miliar untuk lima desa.

Baca juga: Penanaman Lima Ribu Bakau di Pantai Waiheru Raih Rekor MURI

Selain itu, pemerintah juga menyalurkan BLT Dana Desa sebesar Rp 216,9 juta untuk kelima desa tersebut.

“Dengan percepatan penyaluran dana desa diharapkan manfaat dana desa dapat dirasakan oleh masyarakat dan nantinya memberikan multiplier effect bagi pemulihan ekonomi Maluku,” kata Noor Faisal.

Pencapaian tersebut, lanjutnya, DPPM memberikan penghargaan kepada Pemkot Ambon atas penyaluran dana desa tercepat Tahun Anggaran (TA) 2021 se-Provinsi Maluku yang diwakili oleh Louhenapessy.

Noor Faisal berharap, pemberian penghargaan ini dapat mendorong pemerintah kabupaten/kota yang lain di Maluku untuk segera melakukan langkah-langkah percepatan sehingga DD tahap I TA 2021 segera disalurkan.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved