Breaking News:

Sampah di Ambon

Dinas LHDP Ambon Ajak Masyarakat Pilah Sampah Lewat Kompetisi Video Kreatif

DLHP tidak bisa langsung turun ke lapangan untuk sosialisasi pilah sampah terus menerus kepada masyarakat.

Fredy Likumahua
Warga Dusun Air Manis, Desa Laha, Kota Ambon, mengumpulkan dan menjual sampah ke Bank Sampah Lestari untuk menambah pendapatan keluarga, kerja sambilan ini ternyata menguntungkan sekaligus bisa membersihkan lingkungan. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pristiwani S. Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilah sampah dari rumah, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon mengadakan kompetisi video kreatif.

“Sampah bukan masalah pemerintah saja, tapi semua individu,” ungkap Kepala seksi pengurangan sampah DLHP Kota Ambon, Mira Wokanubun kepada wartawan TribunAmbon.com, Sabtu, (13/2/2021).

Selain memilah, pengolahan sampah menjadi barang bernilai ekonomis juga diangkat dalam lomba yang juga menjadi bagian dalam rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini.

Lomba video kreatif bertajuk Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi,  terbuka untuk umum.

Kompetisi video kreatif yang diselenggarakan DLHP Ambon.
Kompetisi video kreatif yang diselenggarakan DLHP Ambon. (Courtesy/ DLHP Ambon)

Mira melanjutkan, kreatifitas peserta sangat penting agar pesan tersampaikan dan dapat merubah kebiasaan yang sudah ada.

Pendaftaran lomba video kreatifitas #BAKIRAPILAHSAMPAH ini telah dibuka dari 10 Februari hingga 15 februari.

Mira mengatakan dengan situasi pandemi, DLHP tidak bisa langsung turun ke lapangan untuk sosialisasi pilah sampah terus menerus kepada masyarakat.

“lewat lomba ini, kami mengajak masyarakat untuk turut serta saling mengingatkan pentingnya pilah sampah dari rumah, jadi bukan hanya pemerintah saja,” lanjutnya.

Ia berharap, ada budaya baru yakni pilah sampah dari rumah yang diterapkan oleh masyarakat maluku setelah melihat video-video kreatifitas hasil mereka sendiri.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved