Breaking News:

Maluku Terkini

Perluas Jangkauan BBM Bagi Masyarakat, Tiga Unit Pertashop Diluncurkan Pertamina di Pulau Ambon

Diantaranya, Pertashop Suli dan Waii di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Sementara satu unit lainnya berada di kawasan Kota Ambon.

TribunAmbon.com/ Adjeng Hatalea
Salah satu unit layanan Pertashop di kawasan Pantai Natsepa, Suli, Salahutu, Maluku Tengah, Rabu (10/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Menjangkau kebutuhan BBM di sejumlah titik di Pulau Ambon, Pertamina MOR VIII Maluku – Papua membuka tiga unit layanan Pertashop.

Diantaranya, Pertashop Suli dan Waii di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Sementara satu unit lainnya berada di kawasan Kota Ambon, Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Menurut Relation & CSR Pertamina MOR VIII Maluku-Papua, Eddie Mangun, layanan ini dibuka untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses BBM dengan mempertimbangkan jarak dan lokasi dari SPBU di kawasan tertentu.

“Untuk lokasi penempatan Pertashop, minimal jaraknya 10 kilometer dari SPBU. Jadi, meski ada pengusaha, duit dan lokasi atau tempa, tapi jaraknya hanya tiga kilomenetr itu tidak boleh,” ucap Eddie kepada wartawan usai mengisi acara Workshop Jurnalis Maluku di Maluku Resort, Suli, Salahutu, Maluku Tengah, Rabu (10/2/2021).

Kata dia, sesuai dengan aturan dari pemerintah, Pertashop hanya menyediakan produk nonsubsidi saja.

“Kita kembali ke aturan. Pemerintah mengatur BBM bersubsidi itu harus dijual di lokasi tertentu. Makanya kami tidak bisa melakukan penjualan kepada umum terkait BBM bersubsidi di tempat yang tidak sesuai dengan aturan,” lanjutnya.

Untuk saat ini, lanjut dia, hanya satu jenis BBM yang tersedia di Pertashop, yakni Pertamax.

Namun, tidak menutup kemungkinan penyediaan akan lebih bervariasi di waktu mendatang.

Dari pantauan TribunAmbon.com di salah satu unit layanan Pertashop yang berlokasi di lokasi wisata Pantai Natsepa, Suli, Salahutu, Maluku Tengah terpantau ramai lancar.

Adapun Pertashop di Desa Suli ini telah beroperasi sejak 25 Januari 2021 lalu.

Petugas Pertashop, mengaku per hari rata-rata penjualan bisa mencapai 460 liter.

Angka ini bahkan sudah melampaui target pertamina, katanya.

“Lumayan, sehari bisa 460 liter. Menurut pengawas dari Pertamina sehari 300 saja itu sudah lumayan,” ucap seorang petugas Pertashop, Afan Rangwoho di kawasan Pantai Natsepa, Suli, Salahutu, Maluku Tengah kepada TribunAmbon.com, Rabu (10/2/2021).

Penulis: Adjeng Hatalea
Editor: Fandi Wattimena
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved