Breaking News:

Sidang Sinode GPM

Gubernur Maluku Surati Menag RI Buka Sidang Sinode GPM Ke-38

Meski hingga kini belum ada balasan dan kepastian apakah Menag akan hadir atau tidak dalam pembukaan Sidang Sinode GPM tersebut.

TribunAmbon.com/Helmy
MALUKU - Ketua Panitia Sidang Ke-38 Sinode GPM Tonny Pariela memberikan keterangan kepada wartawan dikantor sinode, Kamis, (4/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Helmy Tasidjawa

AMBON,TRIBUNAMBON.COM - Gubernur Maluku, Murad Ismail menyurati Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas guna Membuka secara resmi Sidang Sinode GPM Ke-38 di Ambon, Minggu (7/2/2021) mendatang.

Meski hingga kini belum ada balasan dan kepastian apakah Menag akan hadir atau tidak dalam pembukaan Sidang Sinode GPM tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Sidang Ke-38 Sinode GPM Tonny Pariela kepada wartawan di kantor sinode, Kamis, (4/2/2021). 

Sidang Virtual Bersejarah, 9 Fakta Penting Forum Keputusan Tertinggi Gereja Protestan Maluku

Menurutnya, Menteri  Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil direncanakan akan membuka Sidang Ke-38 Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) pada Minggu (7/2/2021) mendatang. 

Pariela mengaku, rencana tersebut mendapatkan dukungan langsung dari Gubernur Maluku.

Dimana Gubernur Maluku telah menyurati Mentri Agama RI untuk dapat menghadiri dan membuka langsung Sidang Sinode GPM itu.

"Gubernur Maluku telah menyurati Bapak Menteri Agama, namun sampai saat ini belum ada kepastian apakah beliau akan hadir atau tidak dalam pembukaan Sidang Ke-38 Sinode GPM," ujarnya.

Dia menjelaskan, apabila Menteri Agama maupun Wakil Menteri tidak dapat hadir, maka Gubernur Maluku akan membuka secara resmi Sidang  Sinode GPM ke-38.

"Walaupun Menteri Agama tidak hadir bisa juga dilakukan secara virtual, maka bisa diusulkan Wakil Menteri. Kalau tidak jadi lagi, maka Gubernur Maluku sendiri yang akan membuka kegiatan ini," paparnya.

Pariela mengaku Sidang Sinode GPM ke-38 diikuti oleh 491 peserta yang terdiri dari 280 peserta biasa dan 211 peserta luar biasa. 

491 peserta ini berasal dari 34 klasis yang tersebar di Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut). 

Masing-masing Klasis mengutus 11 orang, tiga diantaranya masuk sebagai peserta luar biasa.

Sementara itu dia memastikan, Sidang Sinode GPM Ke-38 akan berjalan aman dan lancar ditengah pandemi Covid-19.

"Kita sudah dapatkan rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, untuk menyelenggarakan sidang Sinode, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tutupnya.

Penulis: Helmy Tasidjawa
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved