Breaking News:

Cara Simpan Data dan Chat meski Tak Lagi Pakai WhatsApp

Ingin berhenti menggunakan aplikasi pesan WhatsApp tapi tak mau kehilangan data dan chatnya? Simak caranya berikut ini!

Tribunnews
Ingin berhenti menggunakan aplikasi pesan WhatsApp tapi tak mau kehilangan data dan chatnya? Simak caranya berikut ini! 

TRIBUNAMBON.COM - Ingin berhenti menggunakan aplikasi pesan WhatsApp tapi tak mau kehilangan data dan chatnya? Simak caranya berikut ini!

Belakangan ini, aplikasi pesan WhatsApp mulai merilis sederet kebijakan baru yang harus disetujui pengguna sebelum diterapkan pada 8 Februari mendatang.

Salah satu yang menarik perhatian adalah soal penyerahan data ke Facebook, selaku perusahaan induk WhatsApp.

Kebijakan ini mendapatkan respons yang beragam. Tak sedikit dari pengguna yang memilih untuk setuju karena masih ingin menggunakan WhatsApp.

Baca juga: Beralih dari WhatsApp ke Aplikasi Signal, Berikut 5 Cara yang Perlu Diketahui

Baca juga: Penjelasan WhatsApp Soal Kebijakan Keharusan Data Pengguna yang Diteruskan ke Facebook

Ada pula sejumlah pihak yang mempertanyakan kebijakan ini dan menyarankan penggunanya untuk beralih menggunakan aplikasi serupa seperti Telegram dan Signal.

Apabila Anda termasuk pengguna yang ingin bermigrasi dari WhatsApp, riwayat percakapan (chat history) WhatsApp, baik itu pribadi maupun grup, bisa dibilang menjadi salah satu data yang paling penting.

Kabar baiknya, WhatsApp mengizinkan penggunanya untuk memindahkan alias mencadangkan data tersebut melalui fitur Export chat.

 

Fitur ini bisa diakses dengan mengunjungi menu "Settings" > "Chats" > "Chat history" > dan "Export chat". Kemudian, pengguna bisa memilih percakapan dari kontak atau grup yang ingin diekspor.

Baca juga: Cara Matikan Fitur Auto Download di WhatsApp, Cegah Memori Penuh Foto atau Video Tak Penting

Baca juga: Cara Chat di WhatsApp Web Tanpa Menyimpan Nomor HP, Ikuti Langkah Berikut

Selanjutnya, pengguna bisa mencadangkan riwayat percakapan hanya teksnya (without media) atau beserta file video/musik/dokumen yang telah diterima/dikirim (include media), apabila ada.

Tentu saja, jika pengguna memilih mengekspor dengan tambahan media, jumlah file yang diekspor akan semakin banyak dan ukurannya juga semakin besar.

Langkah mengekspor riwayat percakapan di WhatsApp. Pengguna bisa memilih kontak atau grup apa yang percakapannya ingin diekspor.(KOMPAS.com/Bill Clinten)
Halaman
123
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved