Breaking News:

Terkendala Akses dan Transportasi, Beberapa Desa di Maluku Belum 100 Persen Terjamah Listrik

Beberapa desa di Maluku dan Maluku Utara belum 100 persen teraliri listrik.

(Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng)
Desa-desa di Maluku dan Maluku Utara belum 100 persen berlistrik PLN. Akses dan transportasi menjadi kendala utama, Selasa (25/08/2020) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM – Beberapa desa di Maluku dan Maluku Utara belum 100 persen teraliri listrik.

Nampaknya target yang terus diupayakan PLN guna mendukung program pemerintah dalam mencapai Rasio Elektrifikasi Indonesia 100 persen itu terkendala akses dan transportasi.

Hal ini dikemukakan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Romantika Dwi Juni Putra saat memberikan keterangan pers di kantor PLN UIW-MMU, Selasa (25/08/2020).

Dia mengatakan, Provinsi Maluku dan Maluku Utara adalah dua Provinsi yang memiliki banyak pulau atau disebut sebagai Provinsi Kepulauan.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya untuk melistriki desa-desa yang belum berlistrik PLN.

“Tentu yang menjadi tantangan bagi kami saat ini adalah dari sisi akses dan transportasi. Itu yang paling utama. Di samping itu, masih adanya pulau-pulau yang belum memiliki dermaga atau Pelabuhan, ataupun akses jalan. Keseluruhan itu tentu berdampak di sisi mobilisasi material kelistrikannya,” Tutur Romantika.

Dia menyebutkan, banyaknya desa yang tersebar di pulau-pulau di kedua Provinsi ini hingga dibutuhkan langkah khusus dalam melistriki seluruh desa dan pulau tersebut.

“Sejauh ini untuk sistem kelistrikan yang isolated atau pulau-pulau kami memang banyak menggunakan PLTD. Ke depan, kami akan memanfaatkan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) antara lain pembangkit Hybrid” Ujarnya.

 Dia menerangkan, pembangkit Hybrid merupakan salah satu langkah PLN dalam mewujudkan penggunaan EBT dimana target bauran energi dalam penggunaan EBT sendiri di tahun 2025 yakni sebesar 23 persen.

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved