Breaking News:

144 Satwa Liar Endemik Translokasi ke Maluku, Tiba di Bandara Pattimura Ambon

Sebanyak 144 satwa liar endemik yang ditranslokasikan dari luar Maluku, yakni Sumatra Utara, Jawa Timur dan DKI Jakarta tiba di Ambon.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Sebanyak 144 satwa liar endemik yang ditranslokasikan dari luar Maluku, yakni Sumatra Utara, Jawa Timur dan DKI Jakarta tiba di Bandara Pattimura Ambon, Selasa (11/08/2020) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea 

TRIBUNAMBON.COM - Sebanyak 144 satwa liar endemik yang ditranslokasikan dari luar Maluku, yakni Sumatra Utara, Jawa Timur dan DKI Jakarta tiba di Ambon.

Satwa liar yang dilindungi ini tiba di Bandara Pattimura Ambon dan diterima oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Selasa (11/08/2020).

“Dalam rangka Hari Konservasi Alam, BKSDA Maluku menerima sekitar 144 jenis satwa liar yg dilindungi untuk dilepasliarkan di Maluku,” Ungkap Kepala Seksi Wilayah II Masohi, BKSDA Maluku, Meity Pattipawaej yang ditemui TribunAmbon.com usai menerima satwa liar tersebut di Bandara Pattimura Ambon, Selasa (11/08/2020).

Adapun 144 satwa liar ini, tambah dia, merupakan hewan endemik asal Maluku.

Mereka tersebar di tiga provinsi tersebut karena diduga telah melalui perdagangan hewan dan dijadikan alat tukar.

Sebanyak 144 satwa liar endemik yang ditranslokasikan dari luar Maluku, yakni Sumatra Utara, Jawa Timur dan DKI Jakarta tiba di Bandara Pattimura Ambon, Selasa (11/08/2020)
Sebanyak 144 satwa liar endemik yang ditranslokasikan dari luar Maluku, yakni Sumatra Utara, Jawa Timur dan DKI Jakarta tiba di Bandara Pattimura Ambon, Selasa (11/08/2020) (Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng)

Berdasarkan hasil pantauan TribunAmbon.com di lapangan, ada dua jenis hewan endemik yang dimuat kargo pesawat siang itu, yakni jenis burung sebanyak 75 ekor dan jenis reptil 69 ekor.

Jenis burung dan reptil asli Maluku ini di antaranya Kakatua Seram, Burung Bayan, Nuri Merah Ambon, Perkici Pelangi dan Kadal Lidah Biru.

Meity mengatakan, sebagian besar satwa liar itu merupakan hasil sitaan dari petugas balai yang melakukan patroli di masing-masing tiga provinsi tersebut.

Sementara sebagian lainnya diserahkan secara sukarela oleh warga kepada petugas balai setempat.

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved