Bahaya Bakteri Listeria Pada Jamur Enoki, Sebabkan 4 Orang di AS Meninggal, Begini Gejalanya

Seperti diketahui pada 11 Maret lalu, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria menyebabkan empat orang meninggal dunia dan 30 orang lain dirawat

www.freepik.com
Ilustrasi: Jamur enoki mengandung Listeria 

TRIBUNAMBON.COM - Jamur Enoki yang berada di pasaran dalam negeri telah dimusnahkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian.

Seperti diketahui jamur enoki adalah bahan makanan yang kerap kali terdapat dalam masakan asia satu di antaranya suki hingga lainnya.

Sementara itu, pemusnahan yang dilakukan pemerintah karena ditemukan bahaya yang terkandung dalam jamur enoki.

Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementerian Pertanian mengungkapkan, jamur enoki terbukti mengandung Listeria.

Seperti diketahui pada 11 Maret lalu, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria menyebabkan empat orang meninggal dunia dan 30 orang lainnya dirawat di rumah sakit Amerika Serikat.

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan, jamur enoki mengandung listeria," jelas Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Yasid Taufik dalam seminar Webinar Keamanan Pangan di Era New Normal, Rabu (24/6/2020).

Yasid mengungkapkan, pihaknya telah mengawasi dan pengujian yang hasilnya menyatakan, jamur enoki benar mengandung listeria.

Apa Itu Listeria?

Jamur Enoki
Jamur Enoki (freepik.com)

Dilansir dari Medical News Today, Listeria adalah bakteri yang menyebabkan infeksi yang dosebut Listeriosis.

Ada 10 spesies Listeria yang berbeda, varian yang paling umum berdampak pada manusia adalah Listeria monocytogenes.

Halaman
1234
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved