Virus Corona

Update Corona di Maluku Sabtu 16 Mei: Melonjak Jadi 84 Kasus, Ambon Sumbang Terbanyak

Adapun penambahan kasus baru yang dikonfirmasi Sabtu ini sebanyak 12 kasus, Ambon terbanyak

Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku kembali mengimbau masyarakat agar hindari kerumunan sebisa mungkin. Kasrul menegaskan hal ini dalam keterangan pers yang disampaikannya di lobi kantor Gubernur Provinsi Maluku, Sabtu (16/05/2020). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Melihat tren kenaikan kasus yang melonjak setiap hari, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku kembali mengimbau masyarakat agar hindari kerumunan.

Kasrul menegaskan hal ini dalam keterangan pers yang disampaikannya di lobi kantor Gubernur Provinsi Maluku, Sabtu (16/5/2020).

"Menurut penilaian kami, prediksi diam di rumah itu kenaikannya tidak mencapai 14 persen. Jika tidak, kenaikan (kasus) berbanding lurus," Ujar Kasrul.

Terdampak Corona, Puluhan Sopir Angkot Datangi Balai Kota Ambon

Sementara itu, berdasarkan data terbaru yang dipublikasikan tim GTPP Covid-19 Maluku, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Maluku per hari ini sebanyak 84 kasus.

Rinciannya, 61 pasien sedang dalam pengawasan dan perawatan, 17 pasien dinyatakan sembuh dan sebanyak 6 pasien telah dinyatakan meninggal dunia.

Adapun penambahan kasus baru yang dikonfirmasi Sabtu ini sebanyak 12 kasus.

7 kasus di antaranya merupakan warga Kota Ambon, dan 5 lainnya berasal dari Kabupaten Buru.

Update Corona di Maluku: Penambahan 10 Kasus Positif Terbaru, Sebagaian Besar Tenaga Medis

Rincian penambahan 12 kasus per hari ini, 16 Mei 2020 asal Kota Ambon, yaitu; Kasus pasien 73 berinisial RY laki-laki usia 26 tahun, kasus 74 inisial WS seorang perempuan usia 54 tahun, kasus 75 inisial WA perempuan usia 33 tahun.

Lalu kasus 76 inisial SEL perempuan 22 tahun, kasus 77 inisial MJS seorang laki-laki usia 20 tahun, kasus 78 inisial KW perempuan usia 36 dan kasus 79 seorang laki-laki usia 19 tahun.

Sementara itu, pasien asal Kabupaten Buru mengikuti barisan kasus pasien 80 inisial JL seorang laki-laki usia 43 tahun, kasus pasien 81 inisial GW laki-laki usia 26 tahun, kasus 82 inisial AS laki-laki usia 69, kasus 83 inisial JS usia 37 tahun dan kasus pasien 84 inisial HT laki-laki usia 22 tahun.

Kasrul menilai melambungnya angka kasus terkonfirmasi disebabkan masih banyak warga yang tidak mentaati imbauan untuk tetap di rumah kecuali untuk hal yang mendesak.

Terlebih, dari angka tersebut, Ambon mendominasi setiap angka kasus terkonfirmasi positif, dengan jumlah sebanyak 55 kasus sejauh ini.

Dia berharap, warga bisa lebih meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam upaya menekan laju penyebaran covid-19 di Maluku. (*)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved