Perayaan Tahun Baru Islam 1441 H di Ambon, Pawai Hadrah Diikuti Ribuan Peserta

Festival Budaya Islam yang dirangkai dengan pawai hadrah ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah di Kota Ambon, hari ini.

Perayaan Tahun Baru Islam 1441 H di Ambon, Pawai Hadrah Diikuti Ribuan Peserta
KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY
Puluhan peserta budaya islam memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah di Ambon, Minggu (1/9/2019) 

TRIBUNAMBON.COM - Festival Budaya Islam yang dirangkai dengan pawai hadrah ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharam 1441 Hijriyah di Kota Ambon, Minggu (1/9/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ambon Youth Muslim Community ini diikuti oleh ribuan peserta yang terbagi dalam 35 tim. Tak hanya kelompok anak-anak dan remaja, banyak orang dewasa yang juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para peserta tidak hanya mengenakan kostum yang identik dengan Islam, seperti gamis dengan balutan sorban di kepala. Namun ada juga peserta yang mengenakan pakaian adat nusantara, kebaya hingga setelan jas.

Ribuan peserta Festival Budaya Islam ini dilepas oleh Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dari pintu gerbang Masjid Raya Al Fatah Ambon.

Sambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Ini Amalan yang Dapat Dikerjakan Beserta Kemuliannya

Ini Doa Awal dan Akhir Tahun dalam 1 Muharram 1441 H, Dibaca Salat Ashar hingga Jelang Maghrib

Dari titik start tersebut, para peserta kemudian berjalan sambil menari hadrah mengelilingi sejumlah ruas jalan di Ambon diiringi tabuhan rebana dan shalawat serta puji-pujian lainnya kepada Sang Khalik.

Suasana semakin meriah karena kegiatan tersebut ikut ditonton oleh ribuan warga lainnya yang berdiri disisi kiri dan kanan badan jalan yang dilewati peserta festival.

Untuk menghindari kemacetan parah di kota Ambon,  polisi menutup sejumlah ruas jalan seperti Jalan Sam Ratulangi, AY Patty dan sebagian Jalan Sultan Baabulah yang dilalui para peserta.

Ketua Panitia, Nurdin Rery, mengatakan, festival itu diselenggarakan dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya Islam yang semakin terkikis oleh perkembangan zaman yang semakin modern.

“Tujuan kegiatan ini tak lain untuk menghidupkan dan melestarikan tradisi budaya Islam yang semakin tergerus zaman,” kata Nurdin kepada Kompas.com saat ditemui di lokasi acara.

Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturahim antarsesama generasi muda islam di Kota Ambon.

Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1441 H 1 Muharram: Gambar hingga Bahasa Inggris

Puasa Asyura Sambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, Inilah Niat, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya

Halaman
12
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved