Breaking News:

34 Mobil Dinas Ditarik dari Pensiunan Pejabat Pemkot Ambon, Banyak yang Sudah Jadi Besi Tua

34 mobil dinas ditarik dari para pensiunan pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Mesya
Ilutrasi mobil dinas. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - 34 mobil dinas ditarik dari para pensiunan pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz mengatakan, para pensiunan pejabat yang ikut ditarik itu termasuk diantaranya mobil dinas mantan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Ambon.

"Kendaraan roda empat yang sudah tertibkan itu sebanyak 34 unit. Termasuk mantan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan mantan ketua DPRD Kota Ambon,” kata Apries Gaspersz kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Dijelaskan, dari 34 unit tersebut, hanya sekitar dua unit saja yang masih mulus, tidak rusak dan masih bisa digunakan lagi.

Selebihnya, sekitar 19 unit alami kerusakan sedang dan rusak berat.

“Bahkan, ada sekitar 13 unit yang sudah menjadi besi tua,” ungkapnya.

Baca juga: Selamatkan Aset Daerah, Satu Mobil Dinas Milik Pemerintah Daerah Buru Dikembalikan

Lanjutnya, penertiban aset Pemkot Ambon ini sudah dimulai sepanjang tahun 2022 lalu.

Penertiban khusus untuk mobil dinas ini diperuntukan bagi para pejabat yang sudah purna bakti maupun yang tidak digunakan sesuai pada peruntukannya.

Dikatakan, untuk kendaraan yang mengalami kerusakan sedang dan berat itu, pihaknya sudah melakukan perbaikan terhadap sebagian kendaraan.

"Ada beberapa yang sudah jadi dan telah kita distribusikan kesejumlah OPD untuk digunakan sebagai mobil operasional. Semisal dua unit di dinas PUPR, kemudian satu unit di Satuan Pol PP, dan ada juga sebagian yang masih dalam proses perbaikan," paparnya.

Gazpersz menambahkan, kendaraan dinas yang ditertibkan itu seluruhnya ditampung di gudang sewaan Pemkot Ambon, yang terletak di kawasan kelurahan Wainitu, Kecamatan Sirimau.

"Kebetulan kita ada sewa salah satu gudang didekat percetakan negera untuk menampung seluruh kendaraan dinas yang kita tertibkan itu," terang dia.

Selain itu, masih ada sekitar belasan kendaraan dinas yang juga baru di indentifikasikan oleh pihaknya.

Dan dalam waktu dekat akan ditertibkan juga.

"Ada sekitar 12 unit kendaraan roda empat yang akan kita tertibkan lagi. Namun 12 unit kendaraan ini seluruhnya sudah mengalami rusak berat dan kondisi scrap atau besi tua. Namun apapun itu kita tertibkan karena itu aset daerah," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved