Breaking News:

Menuju 2024

KPU Maluku Tengah Gelar Uji Publik Penataan Dapil tuk Pemilu 2024

Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat Bupati yang di wakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Ronald Hetaria, Pimpinan Partai

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Empat Komisioner dan Sekretaris KPU Maluku Tengah saat Gelaran Uji Publik Rencana Penataan Dapil di Baileo Ir. Soekarno, Kota Masohi, Senin (12/12/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah menggelar uji publik penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilihan Umum (Pemilu)  Tahun 2024 di Baileo Ir. Soekarno, senin (12/12/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat Bupati yang di wakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Ronald Hetaria, Pimpinan Partai Politik di Malteng, Bawaslu, OKP, Ormas, Camat Se-Kabupaten Malteng, serta Pimpinan OPD Pemda Malteng.

“Pelaksanaan uji publik yang dilaksanakan hari ini, merupakan rangkaian dari tahapan Pemilu tahun 2024, dan kegiatan ini sangat penting dan strategis,” kata Ketua KPU Malteng Abdussamad Ningkeula dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, semua pihak yang telah diundang  akan memberikan masukan terhadap rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD sebelum masuk pada tahapan finalisasi, terhadap rancangan penataan dapil dan alokasi kursi.

Sementara Penjabat Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten memiliki tanggungjawab untuk membantu dan mendukung setiap tahapan pemilihan, yang telah ditetapkan dan sementara dikerjakan oleh KPU Malteng. 

Saat ini jumlah penduduk Malteng sebanyak 428.755 dengan jumlah kursi sebanyak 40 kursi. Dari jumlah penduduk yang tersebar di 18 Kecamatan.

Baca juga: Kebutuhan Pengungsi Kebakaran Lorong Tahu; Dari Air Bersih, Popok Bayi, hingga Pakaian Dalam 

Baca juga: Kronologi dan Penyebab Kebakaran Puluhan Kios hingga Indekos di Pasar Ngrimase - Saumlaki

“Kiranya melalui forum ini dapat dirumuskan apakah alokasi kursi per Kecamatan tetap dipertahankan ataukah perlu dilakukan penyesuian alokasi kursi, sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk pada Kecamatan tertentu,” kata Bupati.

“Hal ini sepenuhnya menjadi kewenangan KPU Malteng dan kami pemerintah bersama seluruh masyarakat akan menindaklanjutinya sesuai kewenangan masing-masing,” ucap Bupati. 

Bupati berharap agar KPU Malteng dalam melaksanakan tahapan demi tahapan, tetap berpedoman pada regulasi yang ada, dan tidak memiliki kepentingan pragmatis dalam hal penetapan DAPIL dan alokasi kursi. 

“Kegiatan uji publik hari ini tentunya memiliki nilai strategis, dimana masyarakat terutama para pemangku kepentingan dapat bersama-sama memberikan masukan yang konstruktif agar nantinya hasil uji publik ini akan menjadi bahan pertimbangan KPU Malteng dalam menetapkan DAPIL dan alokasi kursi yang proporsional dan adil,” ucap Bupati. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved