Breaking News:

Pahlawan Maluku

Miris, Anggaran Seminar Nasional dalam Pengusulan A.M Sangadji Jadi Pahlawan Nasional Nihil

mendapat dana darimana untuk melaksanakan Seminar Nasional yang menjadi salah satu syarat dalam proses pengusulan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Rapat bahas pengusulan A.M Sangadji menjadi Pahlawan Nasional Indonesia, di DPRD Maluku, Rabu (7/12/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Proses pengusulan Abdoel Moethalib (AM) Sangadji menjadi Pahlawan Nasional Indonesia terkendala dana.

Dinas Sosial tak tahu akan mendapat dana darimana untuk melaksanakan Seminar Nasional yang menjadi salah satu syarat dalam proses pengusulan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Rovik Afifudin mengatakan sebelumnya anggaran untuk Seminar Nasional akan dialokasikan dari Perkada.

Namun berdasarkan informasi yang ia dapat dari Dinas Sosial Provinsi Maluku, anggaran sebesar Rp 143 juta pun tak didapat.

“Tadi sudah sama-sama kita dengar alokasi untuk anggaran semnas ini harusnya Rp 143 juta sekitar Rp 150 juta yang kami berharap ini bisa dialokasikan ke Perkada ternyata tadi dijelaskan bahwa anggaran tersebut tidak dialokasikan di Perkada,” kata Afifudin usai rapat di Ruang Komisi IV DPRD Maluku, Rabu (7/12/2022).

Afifudin pun menyesali itu, pemerintah dinilainya tak serius mengurusi pengusulan A.M. Sangadji yang memiliki jasa besar bagi Indonesia, bukan hanya Maluku.

“Anggaran yang cuma segitu sebuah kepentingan besar untuk rakyat maluku kepada seorang tokoh besar yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia ini belum terakomodasi,” sesalnya.

Baca juga: Pernah Jatuh, Igo Bangkit Bermodal Sepatu Bermerek Harga Miring

Baca juga: 25 Anggota Polisi Maluku Dipecat Sepanjang 2022

Afifudin menduga, tahapan anggaran tersebut tak disampaikan ke Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Sekda Maluku.

Kedepannya, Komisi IV DPRD Maluku akan berkoordinasi dengan Sekda Maluku untuk segera mencari anggaran tersebut.

Pasalnya, Seminar Nasional direncanakan dilangsungkan pada 19 Desember 2022 mendatang. Sehingga Pengusulan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional bisa diajukan pada Maret 2022 mendatang.

“Karena itu rapat tadi telah kami sepakati beberapa hal yang pertama, senin tanggal 12 akan dirapatkan lagi seminar nasional yang direncanakan 19 desember2022 dan nanti tanggal 12 kita rapatkan lagi semua persiapan. 7 - 12 itu kita akan komunikasikan betapa penting dan mendesak ini,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved