Breaking News:

Maluku Terkini

Terima RAPBD 2023, Ini Dua Catatan Fraksi Hanura tuk Pemda SBB

Di antaranya, Hutang Pihak Ketiga (HPK) yang diketahui bernilai miliaran rupiah, pasalnya jika dibiarkan terus menerus akan jadi beban warisan ke peme

Penulis: Rahmat Tutupoho | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com / Rahmat Tutupoho
SERAM BAGIAN BARAT: Penyampaian kata akhir Fraksi DPRD terhadap R-APBD tahun 2023 Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Rahmat Tutupoho

PIRU, TRIBUNAMBON.COM - Ketua Fraksi Partai Hanura, DPRD SBB, Rusli Sosal ingatkan dua catatan penting bagi Pemerintah Daerah (Pemda).

Di antaranya, Hutang Pihak Ketiga (HPK) yang diketahui bernilai miliaran rupiah, pasalnya jika dibiarkan terus menerus akan jadi beban warisan ke pemerintahan berikutnya.

"Fraksi Hanura menerima Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2023. Tetapi, segera melunasi HPK. Jangan dibiarkan menumpuk terus," ketus Sosal saat penyampaian akhir Fraksi di kantor DPRD, Selasa (1/12/2022).

Apapun alasannya, HPK tahun-tahun sebelumnya diupayakan pelunasan maksimal dan optimal mungkin, tidak rasional apabila ada catatan hutang.

Sebab, alokasi fostur APBD yang ada mendukung untuk penyelesaian HPK, intinya jangan lagi memunculkan alibi seperti tahun yang lalu-lalu.

"Berdasar fostur APBD 2023, Fraksi Hanura perlu pertegas sikap, HPK itu harus diselesaikan," paparnya.

Selain itu, Pj Bupati SBB Andi Chandra menepati janji memberikan reward atau hadiah kepada atlet berprestasi di ajang olahraga.

Baca juga: APBD Provinsi Maluku Tahun 2023 Ditetapkan Senilai Rp 3,02 Triliun

Apalagi iming-iming disampaikan di hadapan ratusan orang sewaktu giat pelepasan di Kantor Bupati, prestasi diukir maka janji patut ditunaikan.

"Janji yang disampaikan ke ratusan atlet perlu ditunaikan. Ini pula masuk di catatan kritis Fraksi Hanura kepada Pemda," pungkasnya.

Data dihimpun, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD disetujui dalam Perda berkeputusan 170/15/KPTS-DPRD/SBB/11/2022.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved