Breaking News:

Bebas Tuberkulosis

Kota Ambon Launching Gerakan Bebas Tuberkulosis

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan Pemerintah menargetkan eliminasi Tuberkulosis (TBC) di Indonesia pada Tahun 2030.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Launching Gerakan Ambon Bebas Tuberkulosis (Grab TBC) oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon tepat di Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, Bundaran Patung dr. J. Leimena Ambon, Sabtu (12/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COMKota Ambon melaunching Gerakan Ambon Bebas Tuberkulosis (Grab TBC) tepat di Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, Sabtu (12/11/2022).

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan Pemerintah menargetkan eliminasi Tuberkulosis (TBC) di Indonesia pada Tahun 2030.

Keseriusan itu tertuang lewat Peraturan Presiden Nomor 67 tahun 2021 tentang penanggulangan tuberkulosis yang diterbitkan pada tanggal 19 Agustus 2001.

"Oleh karena itu dari segi medis maupun dari segi sosial ekonomi dan budaya pemerintah telah menunjukkan keseriusan dalam melakukan upaya penanggulangan tuberkulosis di Indonesia,” kata Wattimena di Bundaran Patung dr. J. leimena.

Lanjutnya, banyak terduga kasus TBC di Ambon sulit ditemukan dan bahkan ada yang tak mendapat pengobatan tepat.

Hal ini, tambahnya, bisa berpotensi jadi sumber penularan TBC.

Baca juga: Lomba Semarak HKN di Seram Bagian Barat Selesai, Ini Para Pemenangnya!

Baca juga: Bentrok Warga Dua Desa di Maluku Tenggara, Rumah hingga Sekolah Ikut Dibakar

"Penatalaksanaan kasus TBC di Kota Ambon telah dilaksanakan dengan baik namun demikian masih banyak terduga TBC di Kota Ambon yang belum ditemukan TBC. Terduga TBC yang belum ditemukan dan tidak mendapatkan pengobatan yang tepat sangat potensial menjadi sumber penularan TBC bahkan dapat berkembang menjadi TBC kebal tebal obat sehingga penyakit TBC di tengah masyarakat akan semakin sulit dikendalikan,” jelasnya.

Wattimena mengharapkan kerjasama setiap individu, Pemerinah Kota dan peran semua stakeholder terkait penemuan terduga TBC ini.
Agar bisa segera didiagnosa dan diobati.

"Kita berharap semoga penyakit TBC di Kota Ambon dapat dikendalikan dan Kota Ambon bebas dari TBC, sama-sama memulai gaya pola gaya hidup sehat rajin makan buah dan sayur," harapnya.

Diketahui, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun, dengan tema Bangkit Indonesia, Sehat Negeriku, Pemerintah Kota Ambon juga melaunching Badan layanan umum daerah (Blud) pada klinik mata Ambon vlisingen dan pelayanan rawat nginap Puskesmas Hutumuri. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved