Breaking News:

Maluku Terkini

Lagi, Ratusan Bak Rendaman Penambang di Sungai Anahoni Gunung Botak Dibongkar Polisi

Ratusan bak rendaman Sungai Anahoni di kawasan Gunung Botak Pulau Buru dibongkar aparat gabungan, Sabtu (5/11/2022).

Penulis: Andi Papalia | Editor: Salama Picalouhata
Polres Buru
Polisi membongkar tenda milik penambang saat menggelar penertiban di Sungai Anahoni Kawasan Tambang Emas Gunung Botak di Desa Kaiely, Kecamatan Teluk Kaiely, Kabupaten Buru, Maluku, Sabtu (5/11/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Ratusan bak rendaman Sungai Anahoni di kawasan Gunung Botak Pulau Buru dibongkar aparat gabungan, Sabtu (5/11/2022).

Pantauan TribunAmbon.com di lapangan, 250 tenda dan 100 bak rendaman milik penambang dirusak dengan cara dibakar dan dibongkar.

Penambang pun disuruh meninggalkan area tambang.

Penertiban sekaligus pemusnahan bak rendaman itu dipimpin Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Buru, AKP Uspril W. Futwembun.

Kegiatan operasi PETI Salawaku 2022 yang dibuat Polres Buru ini, guna mengantisipasi serta mencegah timbulnya gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Buru, AKP Uspril W. Futwembun mengatakan, berdasarkan perintah pimpinan, tidak ada kegiatan penambangan emas ilegal, jadi seluruh aktivitas harus dibersihkan.

"Barang-barang milik penambang harus dibongkar dan dibakar, usahakan tidak ada bangunan atau tenda yang terlihat masih berdiri, semua aktivitas dan tenda harus diratakan dengan tanah," ucap dia.

Dia memastikan, penertiban itu dilakukan secara humanis dan persuasif.

"Seperti arahan Kapolres Buru, AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja, bahwa untuk penertiban 1 November 2022 difokuskan di areal tambang emas gunung Botak, dan untuk 2 November sasaran di sungai Anahoni, dan tempat pengolahan emas menggunakan tromol, di seputaran Dusun Wamsait, Desa Dava," ungkap Futwembun. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved