Breaking News:

Maluku Terkini

GPM Singgung Kondisi Pengungsi Kariu ke Komisi VIII DPR RI

Anggota MPH Sinode GPM, Pendeta Yohanis Colling mengatakan rumah tempat warga Kariu mengungsi di Aboru tak layak huni saat hujan.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com / Tanita
MALUKU: Gereja Protestan Maluku (GPM) Maluku saat menyinggung kondisi pengungsi Kariu di Negeri Aboru, Kabupaten Maluku Tengah ke Komisi VIII DPR RI, di Kantor Gubernur Maluku, Senin (10/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Gereja Protestan Maluku ( GPM ) Maluku menyinggung kondisi pengungsi Kariu di Negeri Aboru, Kabupaten Maluku Tengah ( Malteng )ke Komisi VIII DPR RI, Senin (10/10/2022).

Anggota MPH Sinode GPM, Pendeta Yohanis Colling mengatakan rumah tempat warga Kariu mengungsi di Aboru tak layak huni saat hujan.

Serta masalah kesehatan yang tak terjamin

"Kami ingin memberitahukan terkait kondisi pengungsi Kariu pasca konflik yang terjadi sejak Bulan Januari dan sampai dengan saat ini perlu perhatian Negara terhadap anak-anak, saat hujan mereka terendam Kesehatan tidak terjamin, pendidikan satu tahun ini tidak didapat dengan baik," kata Pendeta Colling kepada Komisi VIII DPR RI di Kantor Gubernur Maluku.

Pendeta Colling mengaku saat ini Pemerintah memperjuangkan menyelesaikan akar permasalahan antar Kariu dan Negeri Ori, Maluku Tengah agar tak ada konflik lagi bila warga Kariu lembali ke Negeri asal mereka

Namun, Pendeta Colling mengharapkan agar kondisi pendidikan dan kesehatan warga Kariu di pengungsian tetap diperhatikan.

"Sampai saat ini kita usaha mereka kembali yang jadi persoalan kelayakan hidup mereka dan kalau ada waktu apakah negara hadir, terutama DPR RI bisa luangkan waktu kesana," harap Pendeta Colling.

Baca juga: Bupati Muhamat Marasabessy Janji Biayai Sekolah Warga Kariu dari SD hingga Kuliah

Diketahui, Komisi VIII DPR RI melakukan Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Maluku.

Kunjungan Kerja kali ini membahas sektor agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penanggulangan bencana di Maluku.

Rombongan Komisi VIII DPR RI dipimpin Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. H. Ashabul Kahfi, M.Ag didampingi anggota komisi Nanang Samodra, Ina Amania, Nur Azizah, Umar Bashor, Matindas J Rumambi dan Mohammad Saleh.
Pertemuan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno.

Hadir dalam pertemuan, Pj. Sekda Maluku, Sadali Ie, Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Maluku, Halima Soamole, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Maluku, John M Hursepuny, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Yasir Rumadaul dan Kepala PT. Pos Indonesia Provinsi Maluku serta para Pimpinan Umat Beragama.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved