Breaking News:

Maluku Terkini

Kantah Maluku Tengah Gelar Upacara HUT ke 62 ATR/BPN

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan pensiunan ATR/BPN Maluku Tengah di halaman Kantor setempat, Jalan R.A Kartini, Kelurahan Namaelo, Ko

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com / Lukman
MALUKU: Kepala ATR/BPN Kantah Maluku Tengah, Erwin Terseman saat menyerahan Sertifikat tanah kepada sejumlah warga. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM - Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Maluku Tengah melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) ke–62, Senin (26/9/2022).

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan pensiunan ATR/BPN Maluku Tengah di halaman Kantor setempat, Jalan R.A Kartini, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi.

Pada peringatan 62 tahun ATR/BPN Maluku Tengah mengangkat tema Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN cepat, berkualitas dan tangguh akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif,dan efisien.

Hari ini baik di kantor wilayah maupun kantor pertanahan Kabupaten/Kota, juga di pusat melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Undang-undang Agraria yang ke 62, dimana jatuhnya pada tanggal 24 September hari Sabtu kemarin, namun serentak di seluruh Indonesia pada tanggal (26/9/2022) hari ini seremonial upacara it baru digelar.

Kepala ATR/BPN Maluku Tengah, Erwin Terseman mengatakan, sesuai amanat Presiden RI, akan mendukung upaya untuk percepatan sertifikasi tanah.

"Sesuai arahan pak Presiden, pertama, percepatan pendaftaran tanah melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Kedua, penyelesaian sengketa dan konflik serta pemberantasan mafia tanah dan dukung percepatan pembangunan IKN," ujar Terseman.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan target mempercepat sertifikasi tanah melalui PTSL di Maluku Tengah 10.300 bidang yakni sertifikat tanah pada tahun 2022.

MALUKU: Kantor ATR/BPN Kantah Maluku Tengah menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) ke–62, di Masohi, Senin (26/9/2022).
MALUKU: Kantor ATR/BPN Kantah Maluku Tengah menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) ke–62, di Masohi, Senin (26/9/2022). (TribunAmbon.com / Lukman)

"Dari dua program strategis nasional itu kita mendapatkan alokasi hampir sepuluh ribu tiga ratus (10.300 bidang)," kata Terseman.

Terseman juga mengakatan, amanat Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto di HUT 62 tahun Agrararia itu Menteri Hadi mengajak semuan elemen terutama di ATR/BPN untuk mencegah dan berantas mafia tanah.

Diketahui, sampai saat ini mafia tanah sangat meresahkan masyarakat, masih banyak pengaduan terkait hal tersebut.

"Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memberantas mafia tanah sampai tidak ada lagi mafia tanah di Bumi Indonesia. Kalau masih berani muncul mafia tanah mari kita GEBUG bersama-sama," ujar Erwin saat bacakan sambutan Menteri ATR/BPN dalam upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang ke 62, di Masohi.

Untuk itu, Menteri mengajak jajarannya di Pusat hingga Daerah harus bersinergi dengan 4 pilar dalam pemberatasan mafia tanah antara lain, Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum dan Badan Peradilan.

Selain itu dikatakan Kementerian ATR/BPN punya moto Cepat, Berkualitas dan Tangguh yang akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, murah, cepat, efektif, dan efisien.

"Saya mengingatkan kembali tugas yang saya arahkan pada saat Rakernas sejalan dengan tugas yang diamanahkan presiden," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved