Breaking News:

Lumbung Ikan Nasional

Saadiah Uluputty Minta Pemprov Maluku Cari Lokasi Baru Lumbung Ikan Nasional

Demikian disampaikan Anggota DPR RI dapil Maluku, Saadiah Uluputty terkait LIN dan ANP, Jumat (23/9/2022).

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Anggota DPR RI dapil Maluku, Saadiah Uluputty saat diwawancarai terkait LIN dan ANP, Jumat (23/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Anggota DPR RI Saadiah Uluputty minta Pemerintah Provinsi konsolidasi dengan Kabupaten Kota di Maluku mencari lokasi baru proyek Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port (ANP)

Demikian disampaikan Anggota DPR RI dapil Maluku, Saadiah Uluputty terkait Lumbung Ikan Nasional dan Ambon New Port. Jumat (23/9/2022).

Uluputty mengatakan Pemda harus bersama meriset dan mengkaji lokasi tepat proyek strategis Nasional itu.

"Pemerintah daerah harus konsolidasi dengan Kabupaten-kabupaten yang ada. Kemudian melakukan riset kajian-kajian lokasi mana Yang apa dirasa paling tepat untuk LIN," kata Uluputty kepada TribunAmbon.com. 

Lanjutnya, lokasi tersebut kemudian diusulkan ke Pemerintah Pusat, mengingat anggaran proyek LIN ditanggung oleh Pemerintah Pusat, sedangkan Pemda hanya mengurusi lokasi.

Baca juga: Pejalan Kaki di Jl Tukabessy Kota Ambon Tewas Ditabrak Pengendara Motor

Baca juga: DPRD Maluku Minta Penjabat Kepala Daerah Tak Asal Mutasi ASN

"Dengan rencana lokasi itu usulan dari pemerintah ke pemerintah daerah ke pemerintah pusat. kalau misalnya kesulitan dalam penganggaran kan sudah disepakati bahwa untuk penganggarannya full Pusat gitu tetapi bahwa calon lokasi yang sebisanya diusulkan oleh pemerintah daerah," jelasnya.

Uluputty berharap Pemda lebih responsif agar mega proyek ini bisa terlaksana dan memberi keuntungan bagi masyarakat Maluku.

"Sekarang gimana respon pemerintah daerah ataupun tanggapan dari Pemerintah Daerah seperti apa, terus harus ada kerjasama," tandasnya.

Diketahui, Sebelumnya Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku telah menyiapkan lokasi kawasan pusat perikanan terpadu untuk mendukung Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional seluas 700 hektar yang berlokasi di Pulau Ambon, diantara Desa Waai dan Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Lokasi pembangunan pusat perikanan terpadu ini telah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah, serta rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) dimana lokasi ini tidak berada pada kawasan lindung.

Namun, lokasi tersebut dinilai belum sesuai dengan kriteria. (*) 

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved