Breaking News:

Maluku Terkini

Masyarakat Diminta Lapor jika Temukan Kelompok Penyebar Radikalisme dan Terorisme di Maluku

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Le meminta masyarakat untuk segera melapor jika ditemukan orang atau kelompok tertentu yang menyebarkan paham

Editor: Adjeng Hatalea
indiatvnews.com
ILUSTRASI TERORISME: Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Le meminta masyarakat untuk segera melapor jika ditemukan orang atau kelompok tertentu yang menyebarkan paham radikalisme dan terorisme di Bumi Raja-raja itu. 

TRIBUNAMBON.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Le meminta masyarakat untuk segera melapor jika ditemukan orang atau kelompok tertentu yang menyebarkan paham radikalisme dan terorisme di Bumi Raja-raja itu.

Guna pelaporan itu, kata Sadali Le untuk masyarakat yang terlibat dapat diberikan penanganan.

“Saya juga meminta masyarakat segera melaporkan kepada pihak terkait, jika ditemui orang per orang dan kelompok tertentu, yang menyebarkan paham radikalisme dan terorisme sehingga mendapatkan penanganan seperlunya,” kata Sadali Le saat membuka acara Sosialisasi Deteksi Dini Masuknya Radikalisme dan Terorisme serta Pencegahannya di Maluku, yang diselenggarakan Yayasan Baku Kele Maluku (YBKM), yang berlangsung di Sekretariat YBKM, Kelurahan Tihu, Senin, (19/9/2022).

Sadali menjelaskan radikalisme dan terorisme sering mewarnai perjalanan sejarah bangsa Indonesia, dimana aktivitas kelompok radikal dan teroris melalui aksi dan ancaman kekerasannya, kerap menghantui kehidupan masyarakat.

Hal ini, lanjutnya, tak hanya menimbulkan kerugian material dan nyawa namun juga menciptakan rasa takut di masyarakat.

Bahkan membuat sesama warga saling curiga dan memusuhi, dan mencoreng ikatan persaudaraan dan nilai-nilai toleransi.

“Dampak ini tentunya akan berdampak negatif terhadap ikatan persaudaraan dan nilai toleransi yang sudah menjadi kultur negara,” tambahnya.

Lanjutnya, dengan perkembangan zaman, mendeteksi paham, gerakan radikalisme dan intoleransi yang menginfiltrasi di setiap sektor kehidupan masyarakat cukup rumit.

“Untuk itu, kami harapkan, sosialisasi yang dilaksanakan di saat ini, tentunya merupakan momentum strategis untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme, serta melakukan gerakan penyadaran atas ancaman dan bahaya radikalisme dan terorisme secara berkelanjutan, terukur serta sesuai kearifan lokal masyarakat, yang menghormati dan menghargai keragaman dalam masyarakat,” tandas Sekda.

Baca juga: Sadali Ie Ingatkan Masyarakat Bentengi Diri, Tolak Berafiliasi dengan Kelompok Radikal & Teroris

Sementara itu Ketua YBKM, Rusli Amiluddin, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan, untuk meningkatkan kesadaran pentingnya Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia serta meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme remaja dan pemuda.
“Inilah tujuan utama, sehingga kami menggelar sosialisasi ini,” terang Rusli .

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved