Breaking News:

Maluku Terkini

BI Maluku Bagi Ribuan Anakan Cabai ke Warga dan Sekolahan

Bantuan total 10.200 anakan cabai oleh BI Maluku itu diserahkan saat acara Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah di lokasi kelompok Tani

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Penyerahan bantuan anakan cabai secara simbolis oleh Kepala Perwakilan BI Maluku, Artanta saat acara Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah di lokasi kelompok Tani Mutiara Universitas Pattimura, Selasa (20/9/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku serahkan ribuan anakan cabai ke sejumlah kelompok masyarakat, Selasa (20/9/2022).

Bantuan total 10.200 anakan cabai oleh BI Maluku itu diserahkan saat acara Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah di lokasi kelompok Tani Mutiara Universitas Pattimura.

Tak hanya kelompok masyarakat, sekolah, instansi pemerintah, kampus, kelompok PKK serta kelompok penerima lainnya juga menerima anakan bibit cabai untuk dikembangkan secara mandiri pada lingkungan masing-masing.

“Bantuan anakan cabai ini sebagai salah satu upaya Bank Indonesia untuk turut serta membantu pemerintah dalam upaya pengendalian inflasi di Maluku," katanya kepala Perwakilan bank Indonesia Maluku, Artanta.

Selain cabai, BI Maluku juga menyerahkan bantuan secara simbolis antara lain 1 unit alsintan cultivator Desa Taeno, Mesin jahit karung 1 unit kepada Gapoktan Wanareja, 1 unit grand house kepada pesantren Ishaka Desa Batu Merah.

Tak hanya BI Maluku, dalam kesempatan itu juga Balai Pengkajian Teknologi Pertanian dengan menyiapkan 50 ribu anakan cabai yang akan dibagikan kepada para petani di Maluku.

Diketahui, Pemerintah mulai mencanangkan gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah di Provinsi Maluku.

Baca juga: BI Maluku Gelar Amboina Rupiah Festival, Total Hadiah Jutaan Rupiah, Ini Cara Daftarnya

Baca juga: Mahasiswa Dipukul Dosen Unpatti, Teman-temannya Seruduk Fakultas Hingga Bakar Ban Bekas

Penanaman cabai dan bawang merah itu merupakan rangkaian Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Pencanangan gerakan Tanam secara serempak di 11 Kabupaten/Kota dengan total luas Tanaman Cabai 100 Hektar dan Bawang Merah 66,4 Hektar.

Dengan rincian sebagai berikut, Cabai untuk Maluku Tengah sebanyak 30 Hektar, SBB 20 Hektar, Kota Ambon 20 hektar, Buru 20 Hektar, Kota Tual 10 Hektar Aru 10 Hektar.

Sementara, Bawang Merah di Maluku Tenggara 34,3 Hektar, MBD 7,1 Hektar, Kota Tual 5 Hektar, SBT 10 Hektar , Maluku Tengah dan 10 Hektar.

Pencanangan Gerakan Tanam Cabai dan Bawang merah merupakan tindak lanjut dari GNPIP yang merupakan Kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan Tim Gubernur Percepatan Pembangunan Daerah dengan Kodam XVI Pattimura, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Universitas Pattimura serta Pemerintah Kota Ambon.

Turut hadir secara virtual Wali Kota, Bupati dan Penjabat Bupati 11 Kabupaten Kota di Maluku. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved