Breaking News:

Maluku Terkini

Tingkatkan Pelayanan, Dinas Kesehatan Maluku Luncurkan Tiga Inovasi Ini

Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku luncurkan tiga inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Mesya
Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku luncurkan tiga inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Senin (19/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku luncurkan tiga inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ketiga inovasi itu yakni, Ambulance Gawat Darurat 119 oleh Dokter Mega Aziza, Telemedecine Andalan untuk Maluku yang Terintegrasi oleh Dokter Faradilla Attamimi, dan Toma Majo Mangente Ale di RSUD Haulussy oleh Dokter Elna Anakotta.

Dokter Mega Aziza mengatakan, Ambulance Gawat Darurat 119 adalah inovasi untuk membantu masyarakat saat dalam posisi darurat.

“Dan untuk saat ini kami baru punya satu di provinsi tapi kami sedang berupaya untuk di semua kabupaten/kota juga harus punya Ambulance Gawat Darurat 119,” kata Dokter Mega kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Selain itu, untuk inovasi Telemedecine Andalan untuk Maluku yang Terintegrasi oleh Dokter Faradilla Attamimi, ini dibuat untuk mengantisipasi masyarakat di daerah terpencil yang belum tersentuh pelayanan kesehatan secara lengkap.

“Jalannya adalah kita buka telemedisi, dan telemedisi ini bukan seperti Halodoc yang langsung dengan masyarakat tidak, tapi langsung antara dokter dengan dokter jadi masyarakat cukup ke puskesmas lalu dokter disana yang menilai disana mereka butuh dokter spesialis atau tidak. Jadi kalau sudah diketahui lalu dari puskesmas tinggal menghubungi dokter spesialis yang ada di Ambon, setelah itu konsultasi dengan dokter spesialis,” jelas Faradilla.

Baca juga: Bodewin Wattimena Ungkap Penyebab Ambon Rawan Bencana Longsor hingga Gempa

Baca juga: Besok KM Barcelona I Berlayar ke Maluku Utara, Berikut Harga Tiketnya

Ia menjelaskan, saat ini Dinas Kesehatan memiliki lima dokter spesialis yang siap dalam menjalankan inovasi tersebut.

Yakni, dokter spesialis penyakit dalam, anak, mata, jantung, dan kesehatan jiwa.

Terkahir, untuk program Toma Majo Mangente Ale di RSUD Haulussy oleh Dokter Elna Anakotta adalah inovasi dengan memperkenalkan pelayanan kesehatan secara langsung ke masyarakat melalui jemput bola.

“Kami layani langsung ke rumah dengan pelayanan yang rapi untuk memperkenalkan pelayanan yang langsung menyentuh jemput bola ke masyarakat,” ujar Dokter Elna.

Diketahui, turut hadir dalam peluncuran tiga inovasi itu yakni Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved