Breaking News:

Nasional

Kasus Covid-19 di Dunia Turun Drastis, Pandemi Sebentar Lagi Berakhir

Menurut Tedros, Covid-19 telah menewaskan jutaan orang dan menginfeksi 606 juta sejak muncul pada akhir 2019, pekan lalu turun ke level terendah sejak

Editor: Adjeng Hatalea
(KEYSTONE/FABRICE COFFRINI via AP)
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berpidato dalam peluncuran kerja sama tahunan dengan Qatar, untuk membuat Piala Dunia 2022 dan ajang-ajang olahraga akbar lainnya tetap sehat dan aman, di Jenewa, Swiss, 18 Oktober 2021.(KEYSTONE/FABRICE COFFRINI via AP) 

TRIBUNAMBON.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan pandemi Covid-19 akan berakhir sebentar lagi.

Berdasarkan data yang disampaikan Direktur Jenderal WHO, kasus Covid-19 di dunia menurun secara drastis sejak 2020.

Menurut Tedros, Covid-19 telah menewaskan jutaan orang dan menginfeksi 606 juta sejak muncul pada akhir 2019, pekan lalu turun ke level terendah sejak Maret 2020.

Dikutip dari The Guardian, jumlah kematian mingguan yang dilaporkan akibat Covid-19 mencapai angka terendah sejak Maret 2020.

"Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi," ujar Tedros.

"Kami belum sampai di sana (akhir pandemi), tetapi akhir sudah di depan mata," imbuh dia.

Upaya sudah on the track

Epidemiolog asal Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, informasi dari WHO tersebut merupakan tanda bahwa upaya yang dilakukan oleh dunia dalam menghadapi pandemi Covid-19 sudah tepat.

"Sebetulnya upaya-upaya yang dilakukan dunia (menghadapi pandemi Covid-19) sudah on the track dan terlihat dari indikator, terutama di keparahan dalam hal ini angka kematian yang terus menurun," ujar Dicky kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, terdapat dua tren positif akibat upaya pemerintah di berbagai negara dalam menghadapi covid-19, yakni program vaksinasi dan perubahan perilaku masyarakat di dunia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved