Breaking News:

Maluku Terkini

Izin Usaha Pertambangan Kini Dipengang Provinsi, Murad Harap Koordinasi Antar Pimpinan

Demikian disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Denny Lilipory saat Rapat Koordinasi (Rakor) terk

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Pemprov Maluku
MALUKU: Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Maluku Tahun 2022, Rabu (14/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemberian perizinan usaha di bidang pertambangan mineral dan batu bara kini telah dipegang Pemerintah Provinsi.

Demikian disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Denny Lilipory saat Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Maluku Tahun 2022, Rabu (14/9/2022).

Dikatakannya, berdasarkan Perpres No. 55 tahun 2022 tentang Pendelegasian pemberian perizinan berusaha di bidang pertambangan mineral dan batubara, berpindah jadi kewenangan Provinsi.

Pengalihan sebagian kewenangan pemerintah kabupaten menjadi kewenangan pusat atau provinsi itu dengan diberlakukannya Undang-Undang (UU) No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Hal ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan penyerahan personel, pembiayaan sarana dan prasarana serta dokumen (P3D).

Menurutnya, pemberian regulasi itu menyulitkan koordinasi antara pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota.

Ditambah lagi dengan keterbatasan sumber daya manusia yang tersedia serta bertentangan geografis Provinsi Maluku yang berbasis kepulauan.

"Untuk itu, saya harapkan rakor ini dapat menjadi momen yang mampu menyatukan langkah, persepsi dan bersinergi dalam menjalankan urusan pemerintahan bidang energi dan sumber daya mineral di Provinsi Maluku," harap Gubernur.

Lanjutnya, meski urusan bidang ESDM tak lagi jadi urusan pemerintah kabupaten/kota, namun peran kabupaten/kota dalam mendukung pelaksanaan urusan bidang itu sangat besar dan penting.

Baca juga: Jelang Kedatangan Jokowi di Malra, Murad Ismail Bertolak Cek Kesiapan di Langgur

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved