Breaking News:

Maluku Terkini

Maluku Segera Lakukan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi, Ini Tujuannya

Pendataan Regsosek ini diharapkan mampu memutakhirkan data sosial ekonomi seluruh penduduk agar dapat menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masya

Pemprov Maluku
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Samuel E. Huwae saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 di Swissbell Hotel, Selasa (13/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Provinsi Maluku segra lakukan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi pada 15 Oktober hingga 14 November Tahun 2022 mendatang.

Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi  ini diharapkan mampu memutahirkan data secara berkala dan terstandarisasi.

Demikian disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Samuel E. Huwae saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 di Swissbell Hotel, Selasa (13/9/2022).

Huwae mengatakan pendataan Regsosek merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tata kelola satu data Indonesia.

Data yang dihasilkan harus bersifat intoperabilitas yang dapat dimutakhirkan secara berkala dan terstandarisasi.

“Tantangan yang dihadapi saat ini, terkait data sasaran program perlindungan sosial dalam penanggulangan kemiskinan adalah masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mecakup seluruh penduduk untuk penentuan target program pembangunan. Kondisi ini, lalu diperburuk dengan belum terlaksananya kontrol standar kualitas dan ketetapan waktu dalam pemutakhiran data serta penggunaan data target program yang masih bersifat sektoral,” kata Huwae.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Samuel E. Huwae saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 di Swissbell Hotel, Selasa (13/9/2022).
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Samuel E. Huwae saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 di Swissbell Hotel, Selasa (13/9/2022). (Pemprov Maluku)

Dijelaskannya, ada beberapa hal penting terkait akan dilakukan pada pendataan awal Regsosek di Provinsi Maluku.

Pertama, Pendataan Regsosek ini diharapkan mampu memutakhirkan data sosial ekonomi seluruh penduduk agar dapat menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat, sehingga data yang dihasilkan nantinya dapat digunakan sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan juga pemberdayaan ekonomi.

Kedua, pendataan awal Regsosek akan menggunakan pendekatan keluarga dengan memperhatikan domisili semua anggota keluarga yang tercantum pada kartu keluarga.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved