Breaking News:

Ambon Hari Ini

Di Hadapan Sandiaga Uno, Bodewin Wattimena Ungkap Inovasi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Ambon

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena ungkap beberapa inovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) untuk pengembangan ekonomi kreatif di Ambon.

Mesya
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena bersama Menteri Sandiaga Uno di acara Akademi Kepariwisataan Indonesia (AKI) di MCM Ambon, Minggu (11/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena ungkap beberapa inovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) untuk pengembangan ekonomi kreatif di Ambon.

Hal ini disampaikan Bodewin Wattimena dalam kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno di Kota Ambon, Minggu (11/9/2022).

Bodewin Wattimena mengatakan, upaya pengembangan ekonomi kreatif di Ambon bisa dilihat dari keberpihakan pemerintah bagi UMKM dan musisi mulai bergairah.

Lewat program Jiku Bata (Sudut Balai Kota), pembinaan sanggar kreatif musik dan seni lainnya, serta kedepan ada rencana memiliki pasar oleh-oleh yang representatif.

“Pemkot menaruh perhatian pada UMKM yang kita terus dorong untuk berkenbang, ada banyak hal yang kita lakukan dan kita ingin fasilitasi UMKM mulai produksi hingga pemasaran, salah satunya dengan pemkot sudah membuka E-katalog lokal untuk memberikan ruang yang cukup bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Karena itu UMKM juga harus siapkan diri agar dapat terobos masuk pasar nasional dan internasional,” ungkapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno; UMKM Mampu Mengentaskan Kemiskinan di Maluku

Dalam kegiatan HUT Ke 447 Kota Ambon, Pemkot Ambon juga mengadakan kolaborasi UMKM dan Live Musik selama event Mini Expo yang berlangsung di Pattimura Park.

“Khusus untuk Ambon City Of Music kita dorong potensi musik, minimal salurkan kemampuan mereka. Ada banyak sanggar yang kita bina, untuk menunjukan bawa City Of Music itu nyata di kota Ambon,” kata Wattimena.

Lanjut Sekretaris DPRD Maluku itu, Covid-19 sangat terasa dampaknya juga di Ambon.

Karena pandemi, banyak orang di-PHK, usaha tidak berjalan dengan baik, karena penerapan protokol kesehatan yang ketat, termasuk sektor ekonomi kreatif musik mandek.

Namun seiring Covid-19 melandai, maka peluang sektor ekonomi kreatif maju dan berkembang makin besar.

Sementara itu, Menteri Sandiaga Uno memberi apresisasi yang tinggi kepada kota Ambon atas konsistensi dalam pengembangan ekonomi kreatif.

“Kami apresiasi kota ini yang konsisten mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Sumbernya inovasi dan kreativitas. Banyak kabupaten/kota belum masuki tahap jadi kota kreatif UNESCO, tapi Ambon sudah sejak 2019. Ini harus jadi inspirasi bagi Kabupaten/kota lain,” ujar Sandiaga.

Diberitakan, Menteri Sandiaga Uno melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke, Ambon, Provinsi Maluku, Minggu (11/9/2022).

Mulai dari menghadiri acara Anugerah Desa Wisata di Negeri Hila-Maluku Tengah, Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Teluk Ambon Beach and Resto, menghadiri Akademi Kepariwisataan Indonesia (AKI) di MCM Ambon, dan menghadiri agenda Kabupaten Kota (KaTa) di ACC Passo.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved