Breaking News:

Maluku Terkini

Kementerian Investasi-Pemprov Maluku Siapkan Peta Jalan Hilirisasi Investasi Strategis

Adapun tujuan penyusunan roadmap Hilirisasi Investasi Strategis, yakni untuk memberikan landasan arah kebijakan dan sinergi dalam mendorong investasi

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Pemprov Maluku
MALUKU: Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mematangkan penyusunan Peta Jalan (Roadmap) Hilirisasi Investasi Strategis di Swiss-belhotel, Ambon, Kamis (8/9/2022). 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku mematangkan penyusunan Peta Jalan (Roadmap) Hilirisasi Investasi Strategis di Swiss-Belhotel Ambon, Kamis (8/9/2022).

Adapun tujuan penyusunan roadmap Hilirisasi Investasi Strategis, yakni untuk memberikan landasan arah kebijakan dan sinergi dalam mendorong investasi hilirisasi.

Staf Khusus Staf Menteri Investasi/Kepala BKPM Bidang Peningkatan Pengusaha Nasional M. Pradana Indraputra yang hadir secara virtual dalam rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) itu menyampaikan, roadmap Hilirisasi Investasi Strategis ini guna memberikan nilai tambah suatu komoditas dan meningkatkan kemandirian ekonomi dan peran Indonesia dalam rantai pasok global.

Ia mengatakan, Presiden RI Joko Widodo pada pidato dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77, menyampaikan 5 agenda besar nasional menuju Indonesia Maju. “Salah satu yang terpenting dari arahan tersebut, yakni hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam,” terangnya.

Ia mencontohkan, hilirisasi nikel (sektor migas),telah mampu meningkatkan ekspor besi baja Indonesia 18 kali lipat hingga pertengahan tahun 2022.

“Dari 16 triliun pada tahun 2014 meningkat menjadi Rp306 triliun di tahun 2021. Dan kita harapkan bisa mencapai 440 triliun di akhir tahun 2022,” ungkapnya.

Mengutip dari beberapa pemberitaan media, kata Pradana, saat ini Indonesia telah menjadi produsen kunci dalam rantai pasok baterai lithium global.

Ia pun mengaku optimis, di masa yang akan datang, hilirisasi bahan nikel akan menjadikan Indonesia menjadi pemain industri global yang dalam waktu dekat ini cukup dominan.

“Jangan hanya berhenti di nikel saja, tapi kita harus bergerak maju dan juga mengembangkan industri industri atau komuditas kita yang lain. Salah satunya, minyak dan gas yang dalam Rakorda ini juga akan dibahas oleh bapak/ibu sekalian,” imbuhnya.

Ia menambahkan,selain Provinsi Maluku, Rakorda akan di laksanakan juga di 22 provinsi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved