Breaking News:

Ambon Hari Ini

Sempat Rusak, Kini Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Pemkot Ambon Siap Difungsikan

Ia mengakui, pengurusan KTP dengan menggunakan mesin ADM ini tidak begitu lama, hanya saja tergantung jaringan.

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com / Mesya
AMBON: Sempat rusak, mesin ADM siap difungsikan kembali, Senin (5/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Unit Layanan Administrasi (ULA) Balai Kota Ambon siap difungsikan kembali.

"Mesin ADM sudah siap difungsikan, hanya saja mungkin ada hal-hal teknis terkait mesinnya yang sementara di lihat oleh staf teknis Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil)," kata Plt Kepala Disdukcapil Ambon, Hanny Tamtelahitu, Senin (5/9/2022).

Dijelaskan, ada petugas Dukcapil yang menetap di Pemkot Ambon selama jam kerja untuk mempermudah masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan melalui mesin ADM.

"Pelayanan mesin ADM itu petugas Dukcapail stand by di pemkot Ambon, untuk mulai operasional, sistimnya itu ada petugas yang nanti tinggal kita lihat NIKnya lalu sisa cetak," terangnya.

Ia mengakui, pengurusan KTP dengan menggunakan mesin ADM ini tidak begitu lama, hanya saja tergantung jaringan.

"Ini juga sudah dua kali uji coba, cepat sekali yang penting jaringannya, lambat dan cepat tergantung jaringan," ungkap Tamtelahitu.

Baca juga: Bantah Praktek Calo, Soumena Tegaskan Ambil KTP di Dukcapil Gratis dan Bisa Diwakili

Diharapkan, dengan kembali beroperasinya mesin ADM ini, masyarakat yang datang pengurusan dengan cepat dan bisa membawa hasil.

Sebelumnya, mesin ADM sempat mengalami gangguan sehingga tidak bisa beroperasi.

Hal itu juga tertuang dalam surat pemberitahuan yang ditandatangani Plt. Kepala Disdukcapil Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu per 31 Mei 2022 menerangkan pelayanan ADM tak bisa dipergunakan hingga pemberitahuan selanjutnya.

Mesin ADM ini akan berfungsi sarana teknologi yang terbaru untuk memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat Kota Ambon.

Melalui mesin ADM, masyarakat bisa langsung melakukan pencetakan semua administrasi kependudukan namun harus mendapatkan Administrator Data Base (ADB) dari Disdukcapil.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved