Breaking News:

Maluku Terkini

Sidang Eks Bupati Bursel; Tagop Disebut Terima Untung Ratusan Juta dari Tambang Emas Gunung Botak

Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Ambon kembali menghadirkan saksi dalam persidangan kasus korupsi Eks Bupati Buru Selatan (Bursel).

Humas Kejati Maluku
Mantan Bupati Kabupaten Buru Selatan, Maluku, Tagop Sudarsono Soulissa dieksekusi ke Ambon. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Ambon kembali menghadirkan saksi dalam persidangan kasus korupsi Eks Bupati Buru Selatan (Bursel).

Saksi bernama Sofyan Soulisa mengaku Eks Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa mendapat untuk dari usaha tambang tradisional milik bersama.

“Saya bersama Tagop, memiliki ikatan kerja, yaitu usaha tambang emas tradisional di Namlea, yang dalam kesepakatan kami bekerja sama untuk membagi hasil tambang tersebut,” kata saksi dalam persidangan Jumat (2/9/2022).

Diakuinya, ratusan juta rupiah diberikan kepada Tagop dari hasil usaha tambang illegal yang telah beroperasi selama lima di hamparan Leabumi di Gunung Botak.

“Saya tawarkan terdakwa berinvestasi dan memberikan modal patungan Rp25 juta, saya sendiri Rp50 juta untuk bisnis tersebut dan nantinya ada sistem bagi hasil,” kata saksi.

Dijelaskannya, para penambang untung jual Rp 1,5 miliar dari hasil penambangan 4 kg emas.

Saksi kemudian menyetorkan uang tunai Rp 400 juta kepada terdakwa tanpa perantara.

"Jadi, saya tidak mengenali siapa Ivana Kwelju, Liem Sing Tiong, Kimpui dan yang lainnya, termasuk John R. Kasman,” tambahnya.

Usai mendengar keterangan saksi, Majelis Hakim menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda keterangan saksi.

Diketahui, mantan Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa merupakan tersangka atas kasus dugaan suap, gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011-2021.

Tagop Soulissa diduga menerima suap hingga Rp 23 miliar selama dua periode kepemimpinannya.

Uang tersebut didapat dari beberapa organisasi perangkat daerah atau OPD Kabupaten Buru Selatan dan rekanan atau kontraktor pada Pemerintahan Kabupaten Buru Selatan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved