Breaking News:

Ambon Terkini

Bandara Pattimura Ambon Imbau Masyarakat Periksa Syarat Perjalanan Sebelum Terbang

Hal ini untuk mengantisipasi penerbangan ditunda atau bahkan dibatalkan, akibat tidak melengkapi persyaratan perjalanan. Terutama, wajib vaksin boost

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Adjeng
AMBON: Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (31/8/2022). 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Pattimura Ambon, Aditya Narendra mengimbau masyarakat agar memeriksa persyaratan perjalanan sebelum bepergian menggunakan pesawat terbang.

Hal ini untuk mengantisipasi penerbangan ditunda atau bahkan dibatalkan, akibat tidak melengkapi persyaratan perjalanan.

Terutama, wajib vaksin booster atau dosis ketiga vaksinasi Covid-19.

"Sebelum melakukan perjalanan dalam negeri melalui transportasi udara, kami imbau kepada calon penumpang untuk memeriksa kembali ketentuan atau persyaratan perjalanan ya," ucap Aditya Narendra, Rabu (31/8/2022) siang.

Adapun aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID -19) dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Baca juga: AWAS Batal Terbang, Calon Penumpang Bisa Vaksin Booster di Bandara Pattimura

Berikut persyaratan lengkap perjalanan dengan pesawat terbang;

  1. Setiap PPDN wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri;
  2. PPDN dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster);
  3. PPDN berstatus Warga Negara Asing (WNA), berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin kedua;
  4. PPDN dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua;
  5. PPDN dengan usia 6-17 tahun berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan dari kewajiban vaksinasi;
  6. PPDN dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi COVID-19
  7. PPDN sebagaimana diatur dalam nomor 2 s.d 6 tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen dan dapat melakukan perjalanan dalam negeri dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat;
  8. PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, dikecualikan terhadap syarat vaksinasi, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Diketahui, untuk mempermudah calon penumpang pesawat terbang memenuhi persyaratan perjalanan, telah dibuka gerai layanan Vaksinasi Booster di Bandara Internasional Pattimura Ambon sejak, Selasa (30/8/2022).

“Kami sarankan masyarakat (red: pelaku perjalanan) yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua, sebaiknya melakukan vaksinasi booster. Agar saat bepergian, semuanya lengkap dan aman selama perjalanan dan masyarakat lainnya,” ucap Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Kementerian Kesehatan RI Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Nazier Tuasamu saat diwawancarai TribunAmbon.com, Rabu (31/8/2022).

AMBON: Calon penumpang pesawat terbang ketika hendak memperoleh vaksinasi booster di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (31/8/2022).
AMBON: Calon penumpang pesawat terbang ketika hendak memperoleh vaksinasi booster di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (31/8/2022). (TribunAmbon.com/Adjeng)

Gerai layanan vaksinasi ini tidak hanya diperuntukan bagi calon penumpang pesawat saja, melainkan masyarakat umum juga dapat memperoleh suntikan Vaksin Covid-19.

Mereka yang sudah siap berangkat dengan pesawat pada Rabu, namun tidak memenuhi persyaratan perjalanan, tampak berdatangan di gerai vaksinasi Covid-19 di Bandara Pattimura.

“Ada regulasi terkait dengan SE yang baru, kami mencoba merespon dengan membuka layanan di Bandara Internasional Pattimura Ambon, sejak 30 Agustus kemarin. Kami targetkan sebanyak-banyaknya. Artinya bagi pelaku perjalanan silakan, anak-anak di bawah 18 tahun juga silakan,” pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved