Breaking News:

Ambon Hari Ini

AWAS Batal Terbang, Calon Penumpang Bisa Vaksin Booster di Bandara Pattimura

Pastikan sebelum terbang dengan pesawat, calon penumpang sudah divaksin booster atau dosis ketiga.

Penulis: Adjeng Hatalea | Editor: Salama Picalouhata
TribunAmbon.com/Adjeng
AMBON: Calon penumpang pesawat terbang ketika hendak memperoleh vaksinasi booster di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (31/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pastikan sebelum terbang dengan pesawat, calon penumpang sudah divaksin booster atau dosis ketiga.

Jika belum memperoleh vaksin booster, pelaku perjalanan dengan pesawat terbang ini wajib menunjukan hasil negatif tes PCR atau Antigen.

Aturan yang termuat dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 70 Tahun 2022 itu berlaku sejak 17 Juli 2022, dan mengatur soal syarat vaksinasi dan tes Covid-19.

Namun, ada sejumlah penumpang yang belum mengetahui aturan terbaru itu dengan nekat memesan tiket pesawat.

Berdasarkan pantauan TribunAmbon.com di Bandara Internasional Pattimura Ambon, pukul 10.43 WIT, tampak tiga penumpang tidak diizinkan untuk boarding, akibat tidak memiliki persyaratan, seperti vaksinasi booster atau keterangan negative tes PCR/Antigen.

“Kami tidak tahu kalau harus vaksin booster dulu,” ucap salah seorang penumpang di Bandara Pattimura.

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat Berlaku Mulai Hari Ini di Bandara Pattimura, Penumpang Wajib Vaksin Booster

Baca juga: Kadinkes Wendy Pelupessy Ajak Masyarakat Kota Ambon Vaksin Booster, Ini Alasannya

Diketahui, untuk mempermudah calon penumpang pesawat terbang memenuhi persyaratan perjalanan, telah dibuka gerai layanan Vaksinasi Booster di Bandara Internasional Pattimura Ambon sejak, Selasa (30/8/2022).

“Kami sarankan masyarakat (red: pelaku perjalanan) yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua, sebaiknya melakukan vaksinasi booster. Agar saat bepergian, semuanya lengkap dan aman selama perjalanan dan masyarakat lainnya,” ucap Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Kementerian Kesehatan RI Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Nazier Tuasamu saat diwawancarai TribunAmbon.com, Rabu (31/8/2022).

AMBON: Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Kementerian Kesehatan RI Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Nazier Tuasamu saat diwawancarai TribunAmbon.com, Rabu (31/8/2022).
AMBON: Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Kementerian Kesehatan RI Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Nazier Tuasamu saat diwawancarai TribunAmbon.com, Rabu (31/8/2022). (TribunAmbon.com/Adjeng)

Gerai layanan vaksinasi ini tidak hanya diperuntukan bagi calon penumpang pesawat saja, melainkan masyarakat umum juga dapat memperoleh suntikan Vaksin Covid-19.

Mereka yang sudah siap berangkat dengan pesawat pada Rabu, namun tidak memenuhi persyaratan perjalanan, tampak berdatangan di gerai vaksinasi Covid-19 di Bandara Pattimura.

“Ada regulasi terkait dengan SE yang baru, kami mencoba merespon dengan membuka layanan di Bandara Internasional Pattimura Ambon, sejak 30 Agustus kemarin. Kami targetkan sebanyak-banyaknya. Artinya bagi pelaku perjalanan silakan, anak-anak di bawah 18 tahun juga silakan,” pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved