Breaking News:

Ambon Terkini

Tingkatkan Kapasitas Pembudidaya Ikan, Dinas Perikananan Gelar Pelatihan

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse menyampaikan salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan dari kekayaan alam Kota Ambon, adalah dari sekt

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Pemkot Ambon
AMBON: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan menggelar pelatihan pengembangan kapasitas pembudidayaan ikan kecil di Kamari Hotel, Jalan Kakialy, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan menggelar pelatihan pengembangan kapasitas pembudidayaan ikan kecil di Kamari Hotel, Jalan Kakialy, Selasa (30/8/2022).

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse menyampaikan salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan dari kekayaan alam Kota Ambon, adalah dari sektor perikanan budidaya.

“Potensi lahan budidaya kota Ambon untuk air laut seluas 12 Ha, dan budidaya air tawar 17,6 Ha, namun saat ini yang baru dimanfaatkan seluas 2,1 Ha, atau 10,5 persen saja,” kata Agus Ririmasse saat membuka kegiatan.

Dikatakan, produksi ikan budidaya untuk konsumsi langsung atau pasar lokal, seperti pasar rakyat, rumah makan, restoran, hotel dan supermarket, telah menjadi kebutuhan.

Karena itu diperlukan kegiatan pembesaran untuk menghasilkan ikan yang sesuai dengan permintaan pasar.

Dicontohkan, Ikan Lele untuk kebutuhan rumah makan dan konsumsi rumah tangga, adalah yang berukuran 8-12 cm.

Untuk mencapai ukuran tersebut membutuhkan waktu selama dua hingga tiga bulan.

Pada sisi lain untuk menghasikan Lele berukuran 1-2 ekor/kg membutukan waktu 4-5 hari dengan harga sebesar Rp 50 ribu/kg.

Baca juga: Kepala BPBD Demmy Paais Bantah Kabar Dana Gempa Kota Ambon Tahap 2 Cair Oktober 2022

“Untuk mendukung kegiatan pembangunan dan pengembangan perikanan budidaya, perlu dukungan terhadap pemberdayaan usaha kecil, termasuk kebijakan pengembangan pembudidayaan ikan kecil, olehnya itu penguatan kapasitas pembudidaya ikan perlu diperhatikan sebagaimana yang dilakukan saat ini,” ungkapnya.

Penguatan kapasitas pembudidaya ikan, lanjutnya, dilakukan dengan pelatihan cara budidaya ikan yang baik, cara pembenihan ikan, dan pembuatan pakan ikan.

“Diharapkan dengan kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas pembudidaya ikan kecil di hari ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pembudidaya ikan air tawar dalam menjalankan usahanya,” cetusnya.

Selain peningkatan kapasitas, pada kegiatan tersebut juga diberikan piagam pengukuhan kepada 10 kelompok pembudiadaya ikan dari Kecamatan Teluk Ambon dan Kecamatan Baguala yang telah dinilai kelembagaan usahanya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved