Breaking News:

Info Daerah

Raja Tanah Kukuhkan 15 Tokoh Adat Leisela Pulau Buru

Pengukuhan tokoh adat di Petuanan Leisela berlangsung di Desa Wasbaka, Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, Maluku, Selasa (30/8/2022).

Penulis: Andi Papalia | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Andi Papalia
Sejumlah tokoh adat gelar sesi foto bersama dengan Sekda Buru M. Ilyas Hamid dan Raja Leisela Azis Hentihu, Selasa (30/8/2022). 

Raja Tanah Kukuhkan 15 Tokoh Adat Leisela Pulau Buru

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM – 15 tokoh adat di Petuanan Leisela, Kabupaten Buru, Maluku akhirnya dikukuhkan.

Mereka dikukuhkan langsung Tuhus Waemese yang menjabat sebagai Matgugul Waekolo (Raja Tanah), atau yang memiliki jabatan tertinggi.

Pengukuhan tokoh adat di Petuanan Leisela berlangsung di Desa Wasbaka, Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, Maluku, Selasa (30/8/2022).

Matgugul Waekolo (Raja Tanah), Tuhus Waemese mengatakan, pengukuhan adat untuk sejumlah jabatan, diantaranya Porwisi, Kawasan, Emrimu dan Gebha Hokomina Bia Lahin Lima.

"Pengukuhan tokoh adat tersebut menjadi penantian yang cukup lama, mencapai puluhan tahun, setelah beberapa tokoh adat sebelumnya meninggal dunia," kata Waemese saat diwawancarai TribunAmbon.com, Selasa sore.

Dijelaskan, pentingnya pengukuhan para tokoh adat itu, agar tatanan adat dan budaya yang mengedepankan nilai Kai Wait atau hidup orang basudara tetap terjaga.

Baca juga: Tiga Terdakwa Kasus Korupsi Dana Desa Negeri Tawiri Divonis Bervariasi

Baca juga: PDI Perjuangan Maluku Gelar Rakerda, Ini yang Dibahas

"Semoga dengan dilantiknya para tokoh-tokoh adat ini, dapat mempererat relasi anak Soa dalam tatanan budaya dengan mengedepankan nilai Kai Wait, sebagai fondasi budaya yang kokoh untuk 24 suku pada umumnya," ujar Waemese.

Para tokoh adat yang baru saja dikukuhkan diantaranya ;

Tete Nustelu jabatannya sebagai Porwisi di Dusun Walbagot, Alex Marhanu sebagai Porwisi Marmahu di Desa Wasbaka, Matius Nustelu sebagai Kawasan Nustelu di Desa Wasbaka, Joni Nustelu sebagai Kawasan di Desa Slealale.

Berikutnya, Demi Nustelu sebagai Kawasan di Desa Kawiri, Sompeng Nustelu sebagai Kawasan di Desa Waeha, Sepus Nustelu sebagai Kawasan di Desa Waemulang, Adhar Bisugi sebagai Kawasan di Desa Seit, Lutfi Marmahu sebagai Kawasan di Desa Waimangit, Erwin Nustelu sebagai Emrimu di Desa Kampong Baru, Labang Nustelu sebagai Gebha di Desa Waemulang.

Kemudian, Meki Nustelu sebagai Gheba di Desa Kawiri, Yansen Nustelu sebagai Kawasan di Desa Persiapan Wagrahi, Yopi Nustelu sebagai Kawasan di Desa Siopot, dan Kilfi Nustelu sebagai Kawasan di Desa Kampong Baru. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved