Breaking News:

Maluku Terkini

Pertamina: Stok Pertalite dan Solar di Maluku Cukup Untuk 15 Hari ke Depan

Pertamina memastikan stok Bahan Bakar Minyak atau BBM jenis Pertalite maupun Solar tak mengalami kelangkaan.

Sumber : PT Pertamina (Pesero) Regional Papua Maluku
PT Pertamina (Pesero) Regional Papua Maluku memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan Avtur aman selama bulan suci Ramadan 1442 H, Jumat (16/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pertamina memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di Maluku aman.

Baik BBM jenis Pertalite maupun Solar tak mengalami kelangkaan.

Termasuk di 7 lokasi Depo Pertamina yaitu Wayame, Masohi, Bula, Namlea, Saumlaki, Tual dan Dobo.

Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengatakan untuk ketahanan stok BBM Jenis Solar saat ini mampu bertahan selama 15,7 hari.

"Masyarakat di wilayah Ambon sebenarnya tidak perlu takut dan khawatir akan kelangkaan BBM, karena dari Terminal Wayame pun sudah terima BBM masuk dari Kapal Tanker, dan untuk stok biosolar bisa bertahan selama 15,7 hari,” kata Edi, Rabu (24/8/2022).

Lanjutnya, data yang tercatat, khusus untuk penyaluran Solar di Bulan Juli 2022 sekitar 21,08 KL per hari.

Baca juga: Pertamina Pastikan Tak Ada Pembatasan Pembelian Pertalite dan Solar di Maluku

Baca juga: Pertamina Imbau Warga Maluku Beralih Gunakan Pertamax karena Lebih Ramah Lingkungan 

Sementara di bulan Agustus saat ini mencapai angka 26,22 KL per hari atau lebih tinggi 24,37 persen yang menandakan peningkatan kebutuhan atau peningkatan aktivitas masyarakat atau perekonomian di Kota Ambon dan sekitarnya.

“Saat ini, adanya peningkatan kebutuhan dari masyarakat Ambon sehingga dari data kami yang tercatat, penyaluran Biosolar di Bulan Juli 2022 sekitar 21,08 KL/day saat ini di Agustus sudah 26,22 KL/day atau lebih tinggi 24,37 persen. Berarti di bulan Agustus ini masyarakat di wilayah Ambon jauh lebih banyak yang membeli Solar untuk kegiatan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Sales Area Manager Retail Maluku PT. Pertamina, Wilson Eddi Wijaya mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Syahbandar Maluku guna memastikan pengiriman BBM dengan lancar.

"Kami juga bekerja sama dengan pihak syahbandar ya terkait dengan kondisi cuaca, apa yang harus kami lakukan, pengambilan strategi sehingga pengiriman tidak ada hambatan," kata Wilson kepada TribunAmbon.com, Selasa (23/8/2022).

Wilson menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir terkait ketahanan stok BBM di Maluku.

"Jadi ketahanan stok kami tetap terjaga dan masyarakat tidak perlu khawatir, karena kapal pun setiap hari masuk dan setiap hari melakukan pembongkaran. Pertamina punya sistem monitoring terhadap ketahanan stok yang baik dan menambahkan terus sarana fasilitas sehingga operasional tetap berjalan dengan baik," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved