Breaking News:

Ambon Terkini

Partai Politik Terima Bantuan Keuangan dari Pemkot Ambon Sebesar Rp 218 Juta, Ini Rinciannya

Partai Politik (Parpol) menerima bantuan keuangan tahun anggaran 2021-2022 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebesar Rp. 218 juta.

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dan Sekretaris Kota (Sekkot), Agus Ririmasse bersama pimpinan Parpol penerima bantuan menandatangani berita acara penyaluran dana, di Manise Hotel Ambon, Selasa (23/8/2022) pagi. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Partai Politik (Parpol) menerima bantuan keuangan tahun anggaran 2021-2022 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebesar Rp. 218 juta.

Parpol penerima dana bantuan tersebut, untuk tahun anggaran 2021 masing-masing yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rp. 14 juta, Partai Gerindra Rp. 20 juta, dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Rp. 13 juta.

Sedangkan untuk tahun anggaran 2022, diterima tujuh Parpol, yakni Nasdem Rp. 18 juta, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rp. 13 juta, Partai PDI Perjuangan Rp. 29 juta.

Ada pula Partai Golkar Rp. 33 juta, Partai Demokrat Rp. 21 juta, Partai Perindo Rp. 18 juta, dan Partai Persatuan dan Pembangunan Rp. 15 juta.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ambon, Yan Suitela mengatakan, bantuan keuangan Parpol sesuai pokok dan fungsinya, terutama dalam hal Pendidikan politik, dan sebagai dana penunjang kegiatan operasional sekretariat.

“Selain itu Bantuan Keuangan Partai Politik diberikan secara proposional, berdasarkan perolehan suara partai politik, dimana bantuan keuangan partai politik ini bertujuan untuk memperkuat sistem kelembagaan partai politik,” kata Suitela, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Bodewin Wattimena Minta Polisi Tembak Mati Anjing Rabies

Sementara itu, Penjabat Wali Kota, Bodewin Wattimena mengakui peran penting dan strategis Parpol dalam sebuah negara demokrasi.

Peran itu terwujud dalam setiap pengambilan keputusan dan penyusunan sebuah produk aturan, butuh keterlibatan parpol.

“Disadari sungguh, parpol telah memberi kontribusi dalam sistem perpolitikan nasional dan perkembangan masyarakat yang semakin dinamis. Sebab itu kapasitas, kualitas dan kinerja parpol harus dapat ditingkatkan,” jelasnya.

Dirinya berharap, bantuan keuangan yang disalurkan ini dapat digunakan sesuai peruntukan untuk memotivasi Parpol, pembinaan sistem kaderisasi dan pengembangan Parpol.

Maka ke depan jika ada peluang, nilai bantuan Parpol ini bisa dikaji ulang karena nilainya sangat kecil walau dilihat seusai jumlah kursi.

“Saya juga harapkan karena ini berkaitan dengan bantuan keuangan, maka persoalan hak dan kewajiban, maka parpol harus dipenuhi kewajiban terutama dalam menyiapkan laporan pertanggungjawaban keuangan yang dipakai,” tandasnya.

Diketahui, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dan Sekretaris Kota (Sekkot), Agus Ririmasse bersama pimpinan Parpol penerima bantuan menandatangani berita acara penyaluran dana, di Manise Hotel Ambon, Selasa (23/8/2022) pagi.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved