Breaking News:

Nasional

Respon Kemenaker soal Pencairan BSU 2022

Ia mengatakan, BSU menggunakan dana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di bawah kendali Kementerian Koordinator (Kemenko) Bid

Editor: Adjeng Hatalea
Tangkapan layar www.bpjsketenagakerjaa.go.id
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya hanya bertugas sebagai penyalur. Ia mengatakan, BSU menggunakan dana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di bawah kendali Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian. 

TRIBUNAMBON.COM - Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 yang tak kunjung cair.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya hanya bertugas sebagai penyalur.

Ia mengatakan, BSU menggunakan dana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di bawah kendali Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian.

"Itu menggunakan dana di PC-PEN kita akan tunggu exercise-nya seperti apa. Posisi Kemenaker kan menyalurkan, semua keputusannya ada di PC-PEN," kata Ida, dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Menaker menyebut, dana BSU sebenarnya telah dialokasikan. Akan tetapi, Kemenaker bersama BPJS Ketenagakerjaan sebagai pemilik data saat ini masih melakukan seleksi kepada para pekerja yang berhak menerima.

"Sudah teralokasi. Tinggal kita tunggu siapakah yang berhak mendapatkan subsidi tersebut. Kami belum mendapat arahan (salurkan BSU) dari Pak Menko Perekonomian," ucapnya.

Sebelumnya, ramai warganet membanjiri akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menanyakan soal Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang tak kunjung cair.

Padahal, Pemerintah sebelumnya telah menjanjikan pada 2022 ini, BSU akan kembali diberikan bagi pekerja yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta.

Dikutip dari Kompas.com, 26 Mei 2022, BSU sebesar Rp 1 juta tersebut awalnya dijanjikan akan cair pada April 2022.

Namun, sampai Agustus 2022 ini, belum kunjung cair. Warganet pun tak henti menanyakan kabar BSU di kolom komentar unggahan-unggahan di media sosial Kemenaker.

Salah satunya di kolom komentar unggahan terbaru Kemenaker berikut.

“Padahal kalau @kemnaker mau berbicara sedikit tentang BSU mungkin masyarakat tidak akan terus bertanya. Kalau @kemnaker diam seribu bahasa seperti ini dan tidak memberi kejelasan sedikitpun, bagaimana masyarakat tidak terus bertanya, setidak nya kalau jadi bilang jadi tapi sedang dalam proses, kalau tidak jadi bilang tidak jadi,pasti masyarakat akan menerima apapun keputusan nya, inti nya yg penting ada kejelasan itu aja,” tulis salah satu akun. Pertanyaan serupa ditanyakan warganet pada beberapa unggahan Kemnaker yang menampilkan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah berikut.

"BSU nya mana Bu ini sudah Agustus??," tulis salah satu akun.

“MAKIN KESINI MAKIN GAK JELAS REGULASI BSU... GK ADA INFO JELASNYA!!! LANJUT ATAU GAK? JGN DIAM AJA.. SEMUA BUTUH KEPASTIAN INFORMASI.... DI TERIAKI TAPI PURAPURA BUDEG.... JGN BUAT KAMI INI BERFIKIR NEGATIF. KALAU MAU DI SALURKAN YA SALURKAN KLO GAK YAUDAH GAUSAH DN DI INFOKAN...,” tulis akun lainnya.

(Kompas.com /Nur Rohmi Aida / Rendika Ferri Kurniawan)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved