Breaking News:

Ambon Hari Ini

Bodewin Wattimena Harap Pembersihan Sampah di Pantai Namalatu Latuhalat jadi Contoh Negeri Lain

Menurutnya, jika pembersihan sampah bisa dilaksanakan pada semua negeri, maka masalah sampah bukan lagi menjadi persoalan di Kota Ambon.

Mesya
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena hadiri pembersihan dan edukasi pengelolaan sampah di Pantai Namalatu Latuhalat, Minggu (14/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena berharap pembersihan sampah di Pantai Namalatu, Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon menjadi contoh yang bisa diterapkan negeri-negeri yang lain.

“Kita berharap, kalau pembersihan sampah di Pantai Namalatu Latuhalat ini bisa kita buat dan menjadi percontohan kedepan di negeri-negeri yang lain,” harap Bodewin Wattimena disela-sela pembersihan sampah berlangsung, Minggu (14/8/2022).

Menurutnya, jika pembersihan sampah bisa dilaksanakan pada semua negeri, maka masalah sampah bukan lagi menjadi persoalan di Kota Ambon.

Baca juga: Nature Community Gelar Aksi Bersih-bersih Sampah di Pantai Namalatu Latuhalat

Sekretaris DPRD Maluku itu berinisiatif untuk merubah pola pikir masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Dengan cara yang sederhana saja, yakni membentuk kelompok masyarakat di tingkat kelurahan untuk memilah sampah sedari awal.

“Saya sudah coba kemarin di Jogja dan Padang. Saya kesana untuk mendalami tentang cara pengolahan sampah mereka. Jadi yang saya dapat adalah sekarang kita mau merubah dulu paradigma masyarakat. Kita jangan lagi minimal buang sampah tidak pada tempatnya. Tapi, kalau sampah di rumah, pilah dia, karena dia memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi,” terangnya.

Menurutnya, jika paradigma tersebut sudah diterapkan, maka Kota Ambon secara perlahan bebas dari masalah sampah.

Diberitakan, Nature Community menggelar aksi bersih-bersih sampah dan memberikan edukasi terkait pengelolaan sampah di Pantai Namalatu, Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Acara tersebut juga sekaligus meluncurkan Program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) bersama ADUPI, Le Minerale, dan PT. Sumber Arta Lumbung Sejahtera (PT. SALS) dan peluncuran Bank Sampah Bumi Lestari Maluku Unit Latuhalat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved