Breaking News:

Ambon Hari Ini

Polantas Diduga Tebang Pilih Saat Tilang Sopir Angkot di Ambon

Sopir angkot di Ambon mengeluhkan perlakuan tidak adil polisi lalu lintas atau polantas saat menerapkan sanksi tilang di jalan.

Dedy
Muhamad Rizal Ode, perwakilan Sopir angkot menyampaikan aspirasinya di Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (8/8/2022) siang. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sopir angkot di Ambon mengeluhkan perlakuan tidak adil polisi lalu lintas atau polantas saat menerapkan sanksi tilang di jalan.

Keluhan itu disampaikan sopir angkot saat menemui Komisi III DPRD Kota Ambon di ruang rapat paripurna DPRD Kota Ambon, Senin (8/8/2022) siang.

Menurut mereka, polantas seringkali menilang dengan meminta jumlah uang yang cukup fantastis.

"Kami sopir angkot merasa dijajah olehoknum polantas, mereka membuat kami rakyat kecil merasa hukum tajam kebawah dan tumpul keatas," kata salah satu sopir, Muhamad Rizal Ode.

Ia mengatakan, berdasarkan pengalamannya, polantas tak segan menilang sopir angkot, dengan meminta sejumlah uang bahkan hingga Rp 1,5 juta.

"Mereka bisa menilang kami sopir angkot dengan meminta sejumlah uang mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta," jelasnya.

Baca juga: GMNI Nilai Kurangnya Lahan Parkir Jadi Penyebab Kemacetan dan Kerusakan Jalan di Ambon

Menurutnya, hal tersebut akan berbeda jika yang ditilang memiliki kenalan pada instansi kepolisian di tingkat Polres maupun Polda.

"Tapi kalau mereka yang punya kenalan di Polres dan Polda melakukan pelanggaran, langsung  lolos begitu saja, ini merupakan bentuk penjajahan di era modern," tandasnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Maurits Tamaela mengatakan, akan menggelar rapat bersamaDirlantas Polda Maluku dalam waktu dekat.

Sementara itu, kata dia, segala bentuk kebutuhan dan keluhan masyarakat Kota Ambon kepada Pemerintah Kota, akan ditindaklanjuti dalam bentuk rekomendasi.  (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved