Breaking News:

Penertiban Pasar Mardika

Wakil Rakyat: Penertiban Pasar Mardika Tak Hanya Perbagus, tapi Juga untuk Kesejahteraan Masyarakat

Menurut Laturiuw, jika para pedagang di Pasar Mardika sendiri sudah memenuhi retribusi dari Pemkot Ambon, maka untuk menertibkannya harus secara human

Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Fandi
AMBON: Seorang pedagang di Pasar Mardika Ambon tengah duduk berteduh sambil memayungi barang dagangannya setelah ditertibkan petugas, Selasa (2/8/2022). 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw mengemukakan tujuan penertiban Pasar Mardika bukan semata memperbagus kawasan tersebut, melainkan juga untuk menyejahterakan masyarakat, terutama para pedagang.

"Tujuan pembangunan itu sendiri bukan hanya untuk membuat pasar semakin bagus, tapi tujuan itu juga untuk mensejahterakan masyarakatnya, termasuk para pedagang di Mardika," ucap laturiuw kepada awak media di Gedung DPRD Kota Ambon, Kamis (4/8/2022).

Meski demikian, lanjut Laturiuw, perlu diterapkan pendekatan humanis saat melakukan proses penertiban Pasar Mardika.

"Kalau aktivitas pedagang di pasar Mardika itu menimbulkan kesemrawutan, termasuk kemacetan, itu bisa dibicarakan dengan baik pada mereka, jangan melarang mereka," kata dia.

AMBON: Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw, saat diwawancarai awak media di gedung DPRD Kota Ambon, Kamis (4/8/2022) siang.
AMBON: Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw, saat diwawancarai awak media di gedung DPRD Kota Ambon, Kamis (4/8/2022) siang. (TribunAmbon.com/Dedy)

Menurut Laturiuw, jika para pedagang di Pasar Mardika sendiri sudah memenuhi retribusi dari Pemkot Ambon, maka untuk menertibkannya harus secara humanis.

Baca juga: Kemacetan Teratasi, Salatalohy Tegaskan Perlu Pengawasan Berkala di Pasar Mardika Ambon

"Aktivitas mereka harus tetap berjalan, karena itu disampaikan tadi, jika para pedagang sudah memenuhi retribusinya, maka Pemkot juga harus melakukan pendekatan humanis untuk menertibkan para pedagang," ujarnya.

Diketahui, penertiban Pasar Mardika Ambon ini telah berlangsung selama tiga hari, dan memasuki hari keempat pada Jumat (5/8/2022).

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Fahmi Salatalohy sebut penertiban Pasar Mardika Ambon untuk atasi kemacetan.

“Penertiban pedagang ini sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kemacetan yang ada,” kata Fahmi di Pasar Mardika Ambon.(*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved