Breaking News:

Ambon Hari ini

Bodewin Wattimena Akui Swalayan Modern Ancam Koperasi di Ambon, Lalu Beri Saran Ini Agar Tetap Eksis

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan, koperasi mendapatkan tantangan yang sangat berat saat ini.

Sumber; Pemkot Ambon
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam syukuran Hari Koperasi Nasional Ke -75, Jumat (29/7/2022). 

TRIBUNAMBON.COM -- Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan, koperasi mendapatkan tantangan yang sangat berat saat ini.

Tantangan itu tak hanya berasal dari pandemi Covid-19 yang muncul sejak dua tahun lalu. Bodewin menyoroti menjamurnya gerai swalayan di Ambon.

“Gerakan koperasi menghadapi tantangan yang luar biasa, bukan hanya pandemi Covid-19 sejak dua tahun lalu, namun juga tantangan persaingan usaha karena hadirnya gerai-gerai swalayan modern seperti Indomaret dan Alfamidi di Kota Ambon,” kata Bodewin di syukuran Hari Koperasi Nasional di Kota Ambon, Jumat (29/7/2022).

Bodewin mengaku telah banyak mendengar keluhan dan masukan dari berbagai pihak terkait menjamurnya swalayan di kota itu.

Sejumlah masyarakat mengeluh karena keberadaan swalayan dinilai mengancam pedagang kecil, beberapa di antaranya bahkan tak mampu bersaing.

“Tetapi inilah kenyataan. Kita tidak bisa kembali ke dua atau tiga tahun lalu kemudian kita tidak mengizinkan Indomaret dan Alfamidi beroperasi di Ambon. Semua sudah terjadi, lalu apakah sekarang ini kita akan duduk diam lalu meratapi nasib kita karena keberadaan Indomaret dan Alfamidi, kan tidak,” ungkapnya.

Baca juga: Koperasi di Umur Berlian, Wattimena; Harus Tetap Eksis di Tengah Tantangan Globalisasi

Menurut Bodewin, agar tetap eksis maka koperasi dan kelompok usah kecil menengah (UMKM) di Ambon harus menganggap kehadiran swalayan modern saat ini sebagai kompetitor.

Dengan begitu, ada persaingan yang sehat untuk tetap eksis.

“Kenyataannya seperti ini, tapi bagaimana kita berusaha untuk tetap eksis. Anggap saja mereka pesaing kita, anggap saja mereka adalah lawan dalam sebuah kompetisi yang harus kita hadapi,” katanya.

Ia mengaku keberadaan swalayan modern telah berimbas kepada pedagang kecil. Namun, bukan berarti para pedagang kecil harus menyerah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved