Breaking News:

Ambon Terkini

Pencuri di 30 Titik di Ambon bahkan Rumah Hakim, Rupidara Dituntut 5 Tahun Penjara

Tuntutan kepada terdakwa kasus pencurian 30 titik di Ambon itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Endang Anakoda di Pengadilan Negeri Ambon, Selasa

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunBatam.id
Ilustrasi pencurian uang. Terdakwa kasus pencurian di 30 titik di Ambon, Yusmendo Rupidara alias Nyongker dituntut lima tahun penjara. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Terdakwa kasus pencurian di 30 titik di Ambon, Yusmendo Rupidara alias Nyongker dituntut lima tahun penjara.

Tuntutan kepada terdakwa kasus pencurian 30 titik di Ambon itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Endang Anakoda di Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (19/7/2022).

"Supaya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menuntut Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Yusmendo Rupidara selama 5 lima Tahun penjara," kata JPU.

Terdakwa dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-5 Jo pasal 65 ayat (1) KUHPidana.

Sebelum membacakan tuntutannya kepada terdakwa didampingi penasihat hukum Baya Mony, JPU mempertimbangkan hal yang memberatkan dan meringankan.

Hal memberatkan, yakni perbuatan terdakwa mengakibatkan saksi korban mengalami kerugian dan meresahkan masyarakat.

Sementara hal meringankan yakni terdakwa bersikap sopan di persidangan dan mengakui terus terang serta menyesali perbuatannya.

Baca juga: Kumpul Bukti, Jaksa Geledah Kantor Desa Siri Sori Islam Atas Dugaan Korupsi Senilai Rp. 360 Juta

Usai mendengar tuntutan terdakwa, Ketua Majelis Hakim, Wilson Shriver menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pembelaan terdakwa.

Diketahui, pencurian yang dilakukan terdakwa tak hanya terjadi sekali.

Terdakwa pernah mencuri di Kudamati, Mangga dua, Passo, Tulehu bahkan terdakwa berani mencuri di rumah Hakim.

Perbuatan terdakwa pun tak pernah ketahuan, hingga akhirnya tertangkap kamera CCTV di salah satu kios di Mangga Dua saat sedang melancarkan aksinya.

Beragam barang yang dicuri terdakwa, ada rokok, permen, handphone, uang tunai, emas dan barang berharga lainnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved