Breaking News:

Idul Adha 2022

Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Adha Digelar Hari Ini, Ini Lokasi Rukyatul Hilal di Maluku

Penetuan awal bulan Dzulhijjah akan dilakukan melalui Sidang Isbat Awal Dzulhijjah hari ini.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
ILUSTRASI Idul Adha. Penetuan awal bulan Dzulhijjah akan dilakukan melalui Sidang Isbat Awal Dzulhijjah hari ini. 

TRIBUNAMBON.COM - Penetuan awal bulan Dzulhijjah akan dilakukan melalui Sidang Isbat Awal Dzulhijjah yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Rabu (29/6/2022).

Sidang Isbat ini akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta.

Dikutip dari laman resmi Kemenag, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, sebelum Sidang Isbat, akan dilakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di 86 lokasi seluruh wilayah Indonesia.

"Kita akan menggelar rukyatul hilal awal Dzulhijah 1443 H pada Rabu, 29 Juni 2022. Kita memutuskan akan menggelar rukyatul hilal di 86 lokasi seluruh wilayah Indonesia," ujar Adib, Sabtu (18/6/2022).

Adib menjelaskan, semua sistem hisab menyepakati ijtimak menjelang Dzulhijah 1443 H jatuh pada Rabu, 29 Juni 2022 M bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah 1443 H sekitar pukul 9:52 WIB.

Baca juga: Kawasan Kumuh di Kota Tual Maluku akan Disulap Jadi Tempat Wisata

"Pada hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk, berkisar antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit, dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat," katanya.

Melalui Sidang Isbat ini, akan diputuskan kapan 1 Dzulhijjah 1443 H.

Sementara itu, Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Ismail Fahmi menambahkan, sidang isbat awal Dzulhijah 1443 H akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Sidang juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren," kata Ismail.

Sidang Isbat Awal Dzulhijah akan terbagi dalam tiga tahap, sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Dzulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Sesi kedua, sidang isbat yang dimulai setelah Magrib, serta diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik yang ditentukan di Indonesia.

Sesi ketiga yakni pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Dzulhijah yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag.

Lokasi Pemantauan Hilal Awal Dzulhijjah

Provinsi Aceh

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved