Breaking News:

Harga Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Bandingkan dengan Tiket Wisata ke 7 Keajaiban Dunia

Apakah harga tiket Candi Borobudur Rp 750 ribu termasuk mahal? Bandingkan dengan tiket wisata di 7 keajaiban dunia UNESCO berikut!

Kolase TribunAmbon.com
Perbandingan harga tiket masuk Candi Borobudur dan tiket masuk wisata 7 keajaiban dunia budaya UNESCO 

TRIBUNAMBON.COM - Kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp 750 Ribu untuk wisatawan lokal menuai sejumlah kontroversi.

Angka tersebut merupakan harga tiket untuk masuk ke bangunan Candi Borobudur, bukan harga tiket masuk kawasan atau pelataran candi yang terletak di Magelang tersebut.

Kenaikan harga tiket Candi Borobudur ditetapkan karena sistem kuota per hari bagi wisatawan yaang diperbolehkan naik ke atas bangunan Candi Borobudur, yakni 1.200 orang per hari.

Berdasarkan kajian phsyical carrying capacity Candi Borobudur, seperti disampaikan melalui Instagram Konservasi Borobudur, jumlah pengunjung yang dapat naik ke struktur candi maksimal adalah 1.259 orang per hari.

Baca juga: Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu Tuai Polemik, Luhut Sebut Masih Dikaji, Keputusan di Tangan Jokowi

Baca juga: Tanggapa Ekonom Soal Naiknya Harga Tiket Candi Borobudur

Pembatasan jumlah pengunjung tersebut dilakukan demi menjaga kelestarian Candi Borobudur yang berstatus sebagai Warisan Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991.

Lalu, apakah harga tersebut termasuk mahal seperti yang dikeluhkan sejumlah kalangan masyarakat?

Finalis World Muslimah Awards 2014, Siti Fathimah Junyanti dari Indonesia (kiri), Tarannum Tasmine dari Bangladesh (tengah) dan Lulu Susanti dari Indonesia saat berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, 17 November 2014. Sebanyak 25 finalis dari berbagai negara akan bertanding pada malam grand final World Muslimah Awards di Yogyakarta pada 21 November 2014.(AFP PHOTO / ADEK BERRY)
Finalis World Muslimah Awards 2014, Siti Fathimah Junyanti dari Indonesia (kiri), Tarannum Tasmine dari Bangladesh (tengah) dan Lulu Susanti dari Indonesia saat berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, 17 November 2014. Sebanyak 25 finalis dari berbagai negara akan bertanding pada malam grand final World Muslimah Awards di Yogyakarta pada 21 November 2014.(AFP PHOTO / ADEK BERRY) ((AFP PHOTO / ADEK BERRY))

Untuk menentukan mahal murahnya, bandingkan dengapn harga tiket masuk wisata keajaiban dunia lainnya.

1. Taj Mahal 

taj Mahal
taj Mahal (wikimedia.org)

Taj Mahal merupakan keajaiban dunia yang berada di India.

Mengutip whc.unesco.org, Taj Mahal adalah sebuah makam besar dari marmer putih, dibangun di Agra antara 1631 dan 1648 atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri kesayangannya.

Taj Mahal adalah permata seni Muslim di India dan salah satu mahakarya yang dikagumi secara universal di dunia.

Harga Tiket

- Wisatawan lokal: 50 Rupe (sekitar Rp 9 ribu)

- Wisatawan asing: 1100 Rupe (sekitar Rp 200 ribu)

Halaman
1234
Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved