Breaking News:

Nasional

Transisi Menuju Endemi, Jokowi Ungkap Kemungkinan Masyarakat Boleh Buka Masker

Presiden Joko Widodo mengungkap kemungkinan masyarakat dapat membuka masker di luar ruangan setelah masa transisi dari pandemi menjadi endemi.

Editor: Adjeng Hatalea
Youtube Sekretariat Presiden
Pembangunan IKN Nusantara butuh waktu 15 hingga 20 tahun dan biaya Rp 466 Triliun, Jokowi beberkan dari mana sumber dananya. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Presiden Joko Widodo mengungkap kemungkinan masyarakat dapat membuka masker di luar ruangan setelah masa transisi dari pandemi menjadi endemi.

Namun, kepastian kebijakan membuka masker tersebut tetap memperhatikan kondisi terbaru setelah proses masa transisi selama enam bulan mendatang.

"Ini masih ada transisi, kira-kira enam bulan. Kita lihat seperti apa," ujar Jokowi usai meninjau Sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022).

"Baru nanti (jika kondisi memungkinkan) silakan kalau di luar ruangan buka masker. Kalau di dalam tetap masih pakai masker," jelasnya.

Jokowi menuturkan, kondisi saat ini memang kasus Covid-19 sudah landai. Kasus harian Covid-19 sudah sangat rendah dan kasus aktif sudah di bawah 20.000.

Otoritas Pelabuhan Namlea Prioritaskan Angkutan Logistik, Ratusan Calon Penumpang Gagal Berangkat

Itulah sebabnya, mudik sudah diperbolehkan.

"Tapi apapun, ada masa transisi yang kita harus hati-hati. Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, Enggak," tegasnya.

"Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa. Karena apapun kita punya pengalaman, saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa, sehingga kehati-hatian, kewaspadaan tetap harus," tambah kepala negara.

(Kompas.com / Dian Erika Nugraheny / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved