Breaking News:

MotoGP

Instruksi Mendagri, Jangan Ada Nobar MotoGP di Lombok Tengah

Pertamina Mandalika Grand Prix of Indonesia akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Meski antusiasme cukup tinggi untuk menyambut seri kedua Moto

Editor: Adjeng Hatalea
(ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Sejumlah warga menonton sesi tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit sekitar Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Warga antusias menyaksikan tes pramusim MotoGP 2022 yang diikuti 24 pembalap di sirkuit yang memiliki panjang 4,32 km dengan 17 tikungan itu.(ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI) 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Pertamina Mandalika Grand Prix of Indonesia akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Meski antusiasme cukup tinggi untuk menyambut seri kedua MotoGP 2022'> MotoGP 2022 ini, tapi tetap ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan.

Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (inmendagri) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2022.

Dalam regulasi itu, Mendagri mengeluarkan instruksi untuk Gubernur Nusa Tenggara Barat dan Bupati/Wali Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022 ini, wajib untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Selain membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, pemerintah daerah juga diminta untuk melakukan vaksinasi di Pulau Lombok paling sedikit 80 persen untuk dosis kesatu dan dosis kedua.

Selain itu, mengakselerasi vaksinasi dosis lanjutan (booster) yang dilakukan paling lambat satu minggu sebelum perhelatan MotoGP Indonesia 2022.

“Tameng untuk menghadapi dan melawan apapun jenis varian Covid-19 yang ada saat ini adalah dengan vaksinasi,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, dalam arahannya saat menghadiri pertemuan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa (15/3/2022).

Seluruh pebalap, kru, dan official wajib telah mendapatkan vaksin dua kali dan wajib membawa hasil PCR Swab Test Negative sebelum kedatangan (H-1) dan melakukan PCR Swab Test pada saat kedatangan/tiba di Lombok. Penonton yang berasal dari luar Pulau Lombok wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua dan membawa hasil PCR Swab Test negative 1 (satu) hari sebelum kedatangan (H-1).

Dalam Inmendagri tersebut, diinstuksikan juga khusus kepada Bupati Lombok Tengah untuk tidak memasang tenda untuk nonton bareng (nobar) di luar sirkuit dan dioptimalkan menyaksikan balap di rumah masing-masing.

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya telah membuat skema travel bubble terkait protokol kesehatan untuk seluruh peserta dan penonton MotoGP Mandalika 2022.

Skema travel bubble tersebut berlaku untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) baik pebalap, tim pendukung, dan penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

"Para pebalap dan pendukung yang tiba di Bandara Internasional Lombok dengan pesawat carter akan langsung melakukan pengecekan status Covid-19 melalui PeduliLindungi, e-Hac, pemeriksaan imigrasi, dan baru bisa melakukan pengambilan barang," ujar Hadi.

Selain itu, diinstruksikan juga untuk menyiapkan fasilitas kesehatan, baik rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, dan fasilitas untuk PCR swab test.

Lalu, menyediakan juga ambulans dan tenaga kesehatan di sejumlah titik-titik tertentu.

Tentunya, protokol kesehatan juga diminta untuk terus dijaga, minimal menggunakan masker dan menjaga jarak.

(Kompas.com / Donny Dwisatryo Priyantoro / Agung Kurniawan)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved