Breaking News:

Sepak Bola Maluku

Bawa Pattimura Muda JAFC ke Kancah Nasional, Ini Rekam Jejak Gafar Lestaluhu

Membentuk tim dari awal 2021, Lestaluhu berhasil meramu tim JAFC hingga menjuarai kompetisi Soeratin Maluku,pada usia tim yang belum genap setahun.

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Dedy Azis
Pelatih Kepala Jong Ambon FC, Gafar Lestaluhu 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pelatih Sepakbola, Abdul Gafar Lestaluhu berhasil membawa tim anyar dari Maluku, Jong Ambon FC (JAFC) hingga ke kancah Nasional pada Kompetisi Piala Soeratin di Malang, Jawa Timur.

Membentuk tim dari awal 2021, Lestaluhu berhasil meramu tim JAFC hingga menjuarai kompetisi Soeratin Maluku,pada usia tim yang belum genap setahun.

Sempat tersandung kasus indisipliner, namun hal tersebut tak lantas membuat pria kelahiran Tulehu itu berhenti mengharumkan nama Maluku di persepakbolaan Nasional.

Padahal sebelumnya Gafar telah disanksi oleh Komisi Disiplin (Komdis) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Maluku lantaran dinilai melakukan pelanggaran kode etik saat kompetisi Provinsi bergulir.

Ia dikenai sanksi larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama 3,6 tahun serta denda sebesar Rp 25 Juta.

Beruntung, saat pihaknya mengajukan banding, Gafar hanya dikenai sanksi 1 bulan saja.

Berikut rekam jejak karir Abdul Gafar Lestaluhu di dunia Sepakbola.

Baca juga: Imbang Lawan Sumatera Utara, Gafar Lestaluhu Puas dengan Permainan Jong Ambon FC

Baca juga: Jadwal Sahabat Cup Malam Ini; Ada Nantkatsu Melawan Poka Star 01

  • Berawal dari tahun 2011, Gafar berhasil membawa tim Nusaina FC mewakili Maluku di Divisi III dan promosi ke Divisi II.
  • Pada tahun yang sama, Gafar berduet dengan pelatih kenamaan, Aries Sainyakit ke Pra PON dan mensubsidi 14 pemain meski tak didanai Provinsi.
    2014
  • Tahun 2014 menjadi spesial bagi Maluku, lantaran Gafar berhasil membawa tim Nusa Ina FC menempati urutan ketiga pada kompetisi Piala Soeratin putaran Nasional.
    2015
  • Gafar Lestaluhu sebagai mediator antara Asprov PSSI Maluku dan owner Nusaina fc atas penunjukan Nusaina fc mewakili maluku di Pra PON dan semua biaya diakomodir oleh klub.
    2016
  • Tim Nusaina FC dibawah asuhannya mampu mewakili Maluku di liga Nusantara atau yang sekarang dikenal dengan Liga 3.
    2021
  • Gafar Lestaluhu membawa tim Jong Ambon FC memenangkan kompetisi Soeratin Cup wilayah Maluku dan saat ini tengah berlaga di kancah Nasional.

Saat ini, Tim JAFC tengah berlaga di Kompetisi Piala Soeratin Nasional dan telah melakoni laga pembuka grup E dengan hasil imbang melawan Asahan FC asal Sumatera Utara.(*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved